Bupati Joune Ganda Hadiri Pertemuan Akbar Keluarga Keturunan Opa Corneles Lengkong

oleh -1028 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Pertemuan Akbar Keluarga Keturunan Opa Corneles Lengkong dilaksanakan di Rumah Besar depan Kantor Desa Tontalete, Kecamatan Kema, Sabtu 2 Juli 2022.

Pertemuan akbar tersebut dihadiri, Bupati Minut Joune Ganda, Walikota Bitung Maurits Mantiri, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, bahkan keluarga yang sudah menetap di negara lain turut hadir dalam pertemuan akbar tersebut.

Diketahui, Rumah Besar telah berusia 400 tahun dan merupakan rumah kayu besi berasal dari Maluku Utara, dibawa Portugis ke Kema dan dibeli Opa Corneles Lengkong, kemudian dipindahkan ke Desa Tontalete yang pada saat itu bernama Waruasei/Wanua Tontalete.

Pada kesempatan itu Bupati Joune Ganda berterima kasih dan mengapresiasi keluarga Lengkong atas kontribusinya dalam membangun Negara tercinta.

“Sebagai pemerintah saya mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga Lengkong atas
Pengabdian dan pemberian diri bagi masyarakat Minahasa Utara, dengan kegiatan seperti ini kami pemerintah dapat belajar banyak tentang sejarah yang telah menciptakan karya yang indah untuk anak cucu kita nanti,” ucap pemilik DB 1 F.

Kata Ganda, Rumah Besar dari sejarah Opa Corneles Lengkong bisa dijakdikan Heritage.

“Tadi saya sudah berbincang dengan keluarga, untuk bisa mengangkat latar belakang sejarah ini dan kalau keluarga setuju tempat ini akan dijadikan Heritage,” kata Ganda.

Ganda mengatakan, jika dijadikan Heritage maka kita akan mewariskan informasi yang jelas kepada anak, cucu, bagaimana sejarah serta peran serta tokoh masyarakat dalam perkembangan wilayah ini sejak tahun 1800.

Ganda berharap, kedepan kita bisa lebih menggali potensi-potensi sejarah yang ada di Minahasa Utara.

“Di desa-desa lain mungkin ada sejarah yang belum terungkap, Semoga masyarakat bisa bekerjasama dan memberikan informasi bagaimana sejarah Desa mereka, sehingga kita bisa mendapatkan gambaran lebih luas lagi tentang Kabupaten Minahasa Utara,” tukas Ganda.

Keinganan Ganda dalam mengangkat setiap sejarah yang ada di Kabupaten Minahasa Utara tertuang dalam visi dan misi JGKWL tentang Storynomics Tourism.

Turut hadir dalam kegiatan istri tercinta Wakil Bupati Minahasa Martina Lengkong, Camat Kema Daniel Komenaug, Hukum Tua Desa Tontalete Stenly Sagay, Kaban Kesbangpol Sammy Rompis. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.