Bupati Minahasa Hadiri Peresmian Bendungan Kuwil Oleh Presiden RI

oleh -393 Dilihat

MINAHASA,swarakawanua.com – Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring Menghadiri Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa Utara Oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. Kamis, (19/01/2023)

Terlihat, Bupati ROR bersama kepala daerah lainnya juga menghadiri peresmian bendungan tersebut.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Kuwil menyampaikan, bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik.

” Artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Ini akan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare,” ujar Presiden.

Tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, kata Kepala Negara, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara.

” Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” kata Jokowi

Selain itu, bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” pungkasnya, yang dilansir dari situs resmi, setkab.go.id

Turut hadir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. Setyo Budiyanto. beserta seluruh bupati dan walikota se-Sulawesi Utara, Kamis 19 Januari 2023. (*/Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.