Bupati Minut Terima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Dari BPJS Kesehatan RI.

oleh -165 Dilihat

Prestasi kembali diterima oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara atas komitmen yang tinggi terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Minahasa Utara dengan cakupan kepesertaan JKN mencapai 99,11 % dari total jumlah penduduk kabupaten Minahasa Utara sebanyak 221.759 jiwa.

 

Dengan kepesertaan lebih dari 95% penduduk dan telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU Pemda (bantuan pemerintah), maka Pemerintah Daerah Minahasa Utara
merupakan salah satu Pemda yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan UHC
Award Tahun 2023.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., MAP.,M.M.,M.Si, menerima penghargaan UHC award 2023, yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, UHC award diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H.
Tito Karnavian, M.A, Ph.D pada Selasa (14/03/2023)di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Pemkab Minut berharap dengan tercapainya UHC ini maka dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan dimanapun berada serta terciptanya penataan pelayanan dan pembiayaan secara adil dan terjangkau,” singkat Bupati.

Dalam rangka mewujudkan Universal
health Coverage (UHC), pemerintah
Indonesia telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional
(JKN/KIS) sejak 1 Januari 2014.

Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Hampir satu dekade, program JKN telah berkembang menjadi program strategis yang memiliki kontribusi besar dan mampu membuka akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Pemerintah Indonesia terus upayakan untuk _mencapai _cakupan kesehatan semesta atau Universal health Coverage (UHC) yang menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Manado Betsy Roeroe mengatakan “Untuk pemerintah yang ada Provinsi Sulawesi
Utara khususnya di wilayah Kantor Cabang Utama Manado yaitu Kota Manado, Kota Bitung,
Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud sudah mencapai jaminan Kesehatan untuk penduduknya lebih dari 95%. Pentingnya jaminan Kesehatan Nasional ini adalah kita semua bisa mendapatkan jaminan sehingga Dengan Gotong Royong Semua Tertolong”.

Program JK bertujuan untuk memberikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Banyak peserta JKN yang merasa sangat terbantu dengan adanya program JKN.
Sampai dengan bulan Maret tahun 2023, jumlah peserta JKN di Kabupaten Minahasa Utara sejumlah 221.759 jiwa, atau 99,11 % dari total jumlah penduduk Kabupaten Minahasa Utara. Dengan kepesertaan lebih dari 95% penduduk dan telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU Pemda (bantuan pemerintah), maka Pemerintah Daerah Minahasa Utara
merupakan salah satu Pemda yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan UHC
Award Tahun 2023, yang akan dilaksanakan di Jakarta, 13 Maret 2023. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.