Bupati, Wakil Bupati Minahasa Hadiri Pembukaan Festival Danau Tondano 2022

oleh -490 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si Bersama Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM menghadiri Acara Pembukaan Festival Danau Tondano 2022 di Astound Hill Paleloan, Kecamatan Tondano Barat. Kamis, (3/11/2022)

Acara Festival Danau Tondano 2022 ini di meriahkan dengan Tarian Kabasaran, Musik Kolintang, Musik Bambu dan Tarian Maengket yang dibuka langsung Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE ditandai dengan pemukulan tetengkoren menandakan Fstival Danau Tondano 2022 resmi dibuka.

Bupati minahasa dalam sambutan mengatakan bahwa Acara Festival Danau Tondano Tahun 2022 yang dilaksanakan di puncak Astound Hill tersebut memiliki udara nan sejuk yang mempunyai latar belakang Danau Tondano.

” Kegiatan Festival Danau Tondano yang sudah beberapa tahun ini dilaksanakan sempat terhenti pelaksanaannya sejak adanya covid namum kegiatan ini boleh terlaksana, dan momen ini sudah di tunggu-tunggu warga minahasa. Berkenan dengan itu pemerintah kabupaten Minahasa menyampaikan selamat datang sekaligus terima kasih kepada bapak Gubernur Sulawesi Utara dan Direktur Kementerian Ekonomi dan Kreativ yang boleh hadir dalam acara pembukaan kegiatan ini,” ucap Bupati

Lanjut Bupati, kegiatan ini atas dukungan bapak Gubernur Sulawesi Utara sehingga boleh terlakasan dan masuk 110 Iven parawisata ekonomi kreatif nasional.

” Festival Danau Tondano ini tentu memberidampak pertumbuhan ekonomi berbagai sektor yang ada termasuk kunjugan pariwisata, dan semakin banyaknya ivestor yang ada juga meningkatnya Hotel, Penginapan dan Objek Wisata lainya,” kata Bupati

Maksud dan tujuan dari pada pelaksanaan Festival Danau Tondano ini, jelas Bupati, akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor yang ada termasuk peningkatan jumlah wisatawan, terbukanya lapangan kerja dan semakin banyaknya investor yang boleh berinvestasi disekitar danau tondano berupa Hotel, Penginapan dan juga objek wisata lainnya.

” Melalui gelaran Festival Danau Tondano ini juga akan ditampilkan berbagai lomba kreatifitas dan sekiranya dapat mengedukasi masyarakat agar berdapak positif dan menjadi berkat kepada banyak orang antara lain, lomba kuliner Nasijaha, Ikan Woku, lomba Perahu Hias, Parade Perahu, Parade Bendi Hias, lomba Bendi Hias serta pameran UMKM, kegiatan ini dalam rangka Festival Danau Tondano yang berlangsung hari ini dan puncaknya pada tanggal 5 November nanti,”

Disamping itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno yang diwakili Direktur Infrastruktur, Hariyanto dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Khususnya Pemerintah Kabupaten Minahasa

” Festival Danau Tondano merupakan kegiatan dalam rangka mempromosikan danau yang unik dan tentu memiliki sejarah panjang danau terbesar di sulawesi utara dan 1 dari 15 danau perioritas dalam sekala nasional, keunikan itulah salah satu unsur penting dan siknifikan, kenapa festival danau tondano ini masuk dalam kaleder iven nusantara atau Haris Mais KEN 2022 dan tentunya berbagai lomba, parade menjadi daya tarik pada Festival ini,” ujar Hariyanto

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE saat membuka kegiatan Festival Danau Tondano 2022 menyampaikan bahwa, kegiatan pariwisata tersebut dapat mendorong produktivitas para UMKM dan mendorong kreatifitas bagi seluruh pelaku pariwisata yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

” Bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat kepada Kabupaten Minahasa untuk penyelenggaran Acara Festival Danau Tondano,” Tutup Gubernur.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengucapkan selamat karena Iven Festival Danau Tondano adalah salah satu Iven yang terpilih masuk dalam Kharisma Iven Nusantara KEN 2022.

” Saya berharap Festival Danau Tondano 2022 dapat terus meningkatkan kreatifitas dan kualitasnya di iven yang menarik untuk dikunjungi wisatawan dan juga masyarakat kabupaten minahasa dapat menerapkan satu IGASI, Inovasi, Gagasan, Adaptasi dan Kolaborasi untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di minahasa, maju terus pariwsata dan ekonomi kreatif indonesia, pakatuan wo pakalowiren,” ucap Sandiaga Salahudin Uno melalui video tiping.

Acara ini dihadiri Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Hariyanto, Koordinator Event Wilayah II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ibu Diana Indriati beserta Tim, Kasdam 13 Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfi Beta bersama Ibu, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch Roring Lumanauw SIP, Bupati Minahasa Selatan, Wakil Bupati Bolmong Utara, Ketua DPRD, Kejari, Kapolres Minahasa, Mewakili Dandim, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa, Kerukunan Keluarga Kalifornia di Amerika. (*/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.