Capai 109,44, Nilai Tukar Petani Sulut di Agustus 2021 Naik Lagi

oleh -128 Dilihat
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mencicipi semangka saat Panen Serentak di Desa Bajo, Tatapaan, Minsel, Rabu 19 Agustus 2020.(Foto: hbm)
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Ketua TP PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan memberikan perhatian khusus pengembangan pertanian Sulut.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com— Badan Pusat Statistik (BPS) pada Rabu 1 September 2021 mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara pada bulan Agustus 2021 menjadi 109,44 atau naik 0,73 persen, dibandingkan dengan Juli yang masih 108,65. Adapun NTP Sulut pada Juni 2021 sebesar 108,09 dibandingkan dengan Mei yang masih 105,54.

Kenaikan NTP Agustus berasal dari dua sisi indeks, yakni indeks yang diterima petani (It) mengalami kenaikan 0,69 persen; sementara indeks yang dibayar petani (Ib) turun 0,03 persen.

Disamping itu, kenaikan NTP ini sejalan dengan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) yang juga mengalami kenaikan sebesar 0,65 persen, dari nilai 109,49 di Juli menjadi 110,21 di Agustus.

Kenaikan pada nilai NTP dan NTUP merupakan salah satu indikator bahwa tingkat kesejahteraan petani Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey terus membaik serta dapat menjadi bukti bahwa sektor pertanian selalu bertumbuh khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Di wilayah perdesaan terjadi deflasi yang cukup rendah, hanya 0,06 persen. Hanya kelompok bahan makanan, minuman dan tembakau yang mengalami deflasi sebesar 0,16 persen, sedangkan kelompok pengeluaran lainnya mengalami inflasi dengan nilai yang bervariatif.

Sebagai informasi, NTP ini merupakan perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar petani dan dinyatakan dalam persentase. NTP adalah salah satu indikator untuk melihat daya beli petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan/dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani, baik untuk proses produksi maupun konsumsi rumah tangga petani. (dkips/ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.