Cegah Dan Mitigasi Bencana, BPBD Mitra Gelar Pelatihan

oleh -390 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com-Mencegah dan mitigasi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Pelatihan. Bertempat di Kantor BPBD Mitra, Kamis 2 November 2023.

Kepala BPBD Mitra Sandra Kindangen,S.Th mengatakan, pelatihan pencegahan dan imitasi bencana bertujuan, guna untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengurangi dampak dari bencana yang ada.

“Pelatihan dilaksanakan mencakup berbagai topik, seperti penanganan darurat, penilaian risiko, pengambilan keputusan, dan rencana tindakan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan individu atau kelompok untuk menghadapi situasi darurat dan mengurangi kerusakan, kehilangan jiwa, dan dampak negatif lainnya yang mungkin terjadi akibat bencana,” jelas Kindangen.

Ia menambahkan, pelatihan ini juga guna untuk mengurangi atau menghindar dari resiko akibat bencana alam. Sehingga, apa yang diharapkan dari kegiatan ini juga bisa tercapai.

“Saya berharap, kiranya pelatihan ini bisa membantu para peserta dan membuka wawasan terkait dengan pencegahan dan mitigasi itu sendiri. Sehingga apa yang diharapkan dari pelatihan ini bisa tercapai,” pungkas Kindangen.

Adapun dalam pelatihan menurut Kindangen, peserta akan belajar teknik-teknik pencegahan bencana, seperti evakuasi, penyelamatan atau mitigasi.

“Saya contohkan seperti, membangun dinding pantai atau menanam pohon di sekitar daerah rawan bencana untuk mengurangi dampaknya. Sehingga juga dalam Pelatihan ini akan membantu para peserta untuk lebih siap dan mampu menghadapi dan mengurangi kerugian akibat bencana,”ucap Kindangen.

Menjadi pemateri dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Pencegahan Bencana Ahli Muda Dani Repi dan Douglas Mandagi. Peserta utusan Hukum Tua. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.