Cegah DBD, Stella Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup

oleh -291 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Rekapitulasi data kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk bulan Januari tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tercatat sebanyak 61 kasus.

Jumlah kasus tersebut tersebar di 8 Puskesmas dengan angka bervariasi. Adapun Puskesmas Kolongan dan Puskesmas Kauditan menempati posisi tertinggi pertama dan kedua.

“Puskesmas Kolongan enam belas kasus, sementara di Puskesmas Kauditan ada lima belas kasus,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minut, dr Stella Safitri, Rabu (22/2/2023).

Sementara, ada 3 Puskesmas yakni Puskesmas Mubune, Puskesmas Wori dan Puskesmas Tinongko, nihil kasus.

“Yang perlu disyukuri adalah tidak ada kasus yang berlanjut sampai ke rumah sakit. Dengan kata lain, semuanya tertangani di Puskesmas,” sebutnya.

Meski begitu, ia meminta warga agar tetap waspada, serta terus menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup.

“Memang kalau kita lihat tren kasus di bulan ini (Februari), cenderung turun. Tapi bukan berarti kita tidak lagi mawas diri,” ujarnya.

Lanjut dia, barang-barang bekas yang berpotensi menjadi wadah berkembang-biaknya nyamuk aedes agipty, wajib disingkirkan.

“Kemudian, tidak kalah penting ialah rutin menguras bak mandi,” imbaunya.

Dengan begitu, sambung dia, warga bisa meminimalisir serangan nyamuk pemicu DBD. Disinggung soal fogging atau pengasapan, ia mengaku tim selalu siap setiap saat. Hanya saja, untuk tindakannya tidak bisa serta merta dilakukan.

“Kita harus identifikasi dulu wilayah di mana ditemukan ada kasus. Nanti ketika sudah ada kepastian, baru kita lakukan fogging,” terangnya.

Nah, melihat kondisi cuaca saat ini yang cenderung masih pancaroba, ia meminta warga untuk lebih waspada.

“Penting untuk diketahui bahwa nyamuk aedes agipty suka berkembang-biak di air bersih dan cuaca seperti saat ini merupakan waktu di mana mereka lebih cepat berkembang-biak. Tidak heran jika kemudian ikut berdampak pada meningkatnya kasus DBD. Oleh karena itu, wajib waspada apalagi anak-anak,” kuncinya. [MJS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.