Dandim Kodim 1310/Bitung Pimpin Langsung Peninjauan Medan Untuk Program Penanaman 1000 Pohon

oleh -588 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi menjadi target Kodim 1310/Bitung.

Pasalnya, program penanaman seribu pohon akan dilaksanakan di Desa Sawangan.

Kegiatan peninjauan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Minut Olivia Mantiri, Camat Airmadidi Rocky Tangkulung, Hukum Tua Desa Sawangan Stendry Wangke.

Dandim 1310/Bitung, Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan, tujuan dari Reboisasi penanaman 1000 Pohon tersebut adalah untuk menyadarkan masyarakat agar dapat menjaga dan melestarikan alam sekitar serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak merusak alam.

“Menanam pohon itu manfaatnya banyak. Selain dapat menjadikan bumi ini lebih indah, berseri, sehat dan lebih hijau kembali, serta dapat mengurangi dampak global warming,” ujar Dandim.

Menurutnya, penanaman pohon merupakan salah satu unsur penting dalam keberlangsungan hidup manusia sehingga lingkungan hidup tetap terpelihara dan terjaga keseimbangan alamnya.

“Saya berharap, program Reboisasi penghijauan alam nanti dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Sehingga kedepan, manfaatnya dapat dirasakan bagi masyarakat maupun berguna untuk kelestarian alam,” harapnya.

Sementara itu, Ibu Olivia Mantiri selaku Anggota DPRD Minut sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan tersebut. Ia pun berharap program itu bisa berlanjut ke kecamatan lain yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

“Ini kegiatan yang sangat penting. Dengan penanaman 1000 pohon, bisa mencegah terjadinya longsor dan banjir. Dengan penghijauan, kita juga bisa menghirup udara yang baik,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun, rencana awal kegiatan penanaman pohon akan dilaksanakan disepanjang daerah aliran sungai (DAS) Desa Sawangan dengan jarak kurang lebih 3,6 Km dari SPBU Desa Sawangan sampai dengan Papinus Desa Sawangan dan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2022.

Usai tinjau lokasi penanaman 1000 pohon, Dandim bersama Plh Pasi Intel, Plh Pasi Ops, Batih Ops, melaksanakan kegiatan Arum Jeram bersama Pemandu Arum Jeram untuk menguji derasnya air Sungai Sawangan.

Turut hadir Plh. Wandaramil 1310-06/Airmadidi Letda Inf Adri Malinti bersama anggota, Plh. Pasi Inteldim 1310/Bitung Peltu Adri Soleman, Plh. Pasi Opsdim 1310/Bitung Pelda Wirjo Bee, Bati Opsdim 1310/Bitung Serma Rovlie Malore, Babinsa Desa Sawangan Sertu Jemy Korinus, Tokoh masyarakat Jefry Palk SH., Tokoh masyarakat Marlin Mantiri, dan Tokoh pemuda Jonli Rumambi. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.