Danramil 1310-04/Dimembe Dampingi Pangdam XIII/Mdk Kunjungi Balit Palma Desa Mapanget

oleh -3459 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Bertempat di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Desa Mapanget Jaga 15 Kec. Talawaan Kab. Minahasa Utara, telah dilaksanakan kunjungan kerja Bapak Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh bersama rombongan, disampingi Danramil 1310-04/Dimembe Kodim 1310/Bitung Letda Inf Marthen Tangkere mewakili Dandim 1310/Bitung, Kamis (16/02/2023).

Turut mendampingi Pangdam XIII/Merdeka, Kapoksahli Pangdam XIII/Mdk Brigjen TNI Theo Kawatu, Dandenma Dam XIII/Mdk Kolonel Czi Edi Martadinata, S.Sos., dan Waaster Kasdam XIII/Mdk Letkol Inf Adityo Nugroho.

Pangdam XIII/Mdk dan rombongan tiba di Kantor Balit Palma disambut oleh Kepala Balit Palma Dr. Steivi Kaurow, S.TP., M.Sc., bersama Jajaran Staf, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Deddy Abdul Hamid, serta Danramil 1310-04/Dimembe Letda Inf Marthen Tangkere yang mewakili Dandim 1310/Bitung, langsung menuju ruang transit dan menerima paparan singkat dari kepala Balit Palma tentang Profil Balit Palma.

Bapak Pangdam dan rombongan didampingi Kepala Balit Palma, selanjutnya melakukan peninjauan contoh pembibitan jenis-jenis kelapa dengan penjelasan dari Peneliti Balit Palma Bpk. Yulianus, menuju Gedung Taman Sains Pertanian untuk melakukan pemutaran film dokumenter tentang Tanaman Palma dan meninjau Gedung Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO).

Kunjungan Pangdam XIII/Merdeka diakhiri dengan meninjau lokasi pembibitan kelapa milik Balit Palma yang berada di Kayuwatu Kel. Kairagi Dua Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Dalam kunjungannya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh, mengatakan, Kunjungan ini untuk meninjau progres pembibitan tanaman palma serta proses pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO).

“Berharap kedepannya ada sinergitas antara stakeholder yang berkaitan sehingga terwujudnya kerja sama yang baik untuk memajukan sektor pertanian khususnya petani kelapa, yang berkelanjutan dan melakukan berbagai inovasi,” ujar Pangdam.

Komandan Koramil 1310-04/Dimembe Letda Inf Marthen Tangkere menyebutkan, Pada kunjungan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka mengapresiasi dan mendukung pengembangan kelapa di Balit Palma, dimana hampir semua jenis kelapa yang ada di Indonesia, ada di Balit Palma.

“Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balit Palma memperkenalkan secara langsung varietas unggul tanaman Palma yaitu Kelapa Eksotik Indonesia, mulai dari Kelapa Dalam Bido, Kelapa Genjah Pandan Wangi, Kelapa Genjah Salak, Kelapa Genjah Orange Sagerat dan Kurma Introduksi dari Irak, Timur Tengah hingga pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO),” pungkas Danramil. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.