Di 2022, Fasilitas Kesehatan Makin Canggih di RSUD ODSK Milik Pemerintah

oleh -630 Dilihat

MANADO, Swarakawanua.com— Pemerintahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw terus melakukan pembenahan layanan kesehatan bagi warga Sulut. Di era pandemi bahkan beberapa rumah sakit dibangun di wilayah Kota Manado maupun di Kabupaten Minahasa Utara.

Pun rumah sakit milik Pemprov Sulut, yakni RSUD ODSK di Jalan Bethesda Manado, terus ditingkatkan dari segi kualitas pelayanan maupun sarana penunjang layanan kesehatan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey meresmikan RS ODSK di Jalan Bethesda, Manado.(Foto: ist)

Pada 2022, tepatnya pada 23 April 2022, Gubernur Olly meresmikan operasional RSUD ODSK. Gubernur pun mengajak seluruh dokter di Sulut untuk bersama-sama mengembangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Utara tersebut.

Pembangunan RSUD ODSK dilakukan secara bertahap selama 2 tahun di atas lahan seluas Rp.38.000 2 m2. “Persyaratan adminsitrasi sudah beres. Kerja sama dengan BPJS tuntas. Hari ini diresmikan. Kita bersyukur peresmian ini bisa berjalan baik. Mari sama-sama kita kembangkan rumah sakit ini. Bukan mau bersaing dengan rumah sakit lain, tapi kita melengkapi apa yang menjadi tugas tanggung jawab pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” ucap Gubernur.

 

 

Gubernur Olly menyampaikan, pelayanan dasar pemerintah ialah fungsi kesehatan sehingga harus ditingkatkan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah. “Pelayanan rumah sakit umum daerah harus terus kita tingkatkan dan kualitas kita jaga. Begitu juga eksistensi rumah sakit. Presentasi pengembangan sumber daya kesehatan masyarakat memiliki fungsi sentral dalam konteks pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Lebih lanjut, RSUD ODSK akan ditingkatkan dengan pembangunan klinik ibu dan anak. Unit khusus ini diharapkan terealisasi tahun depan dan langsung dimanfaatkan untuk melayani ibu hamil sampai kontrol pertumbuhan anak. “Ini pelayanan buat generasi mendatang kita. Ke depan tidak ada lagi cerita anak-anak kita lahir stunting di Sulawesi Utara. Ini bukan hanya pusat pelayanan ibu hamil, tapi juga pusat edukasi buat seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Bahkan, Gubernur dan Wagub berhasil menghentar RSUD ODSK, pada medio Desember 2022, terakreditasi paripurna, yaitu sebuah pencapaian tertinggi bintang lima oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Suatu hasil yang membanggakan.

Sebelumnya, pada 27 Mei 2022, Wagub Sulut Steven O.E Kandouw melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Balai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang letaknya di samping Rumah Sakit ODSK. Dibangunnya fasilitas kesehatan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak di Sulut. Pembangunan fasilitas kesehatan ini akan memakan waktu 245 hari kalender terhitung dari 27 April sampai 27 Desember 2022.

Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan, kita harus tetap mengupdate dari aspek regulasi karena tidak gampang dalam status infrastruktur kesehatan. Di Sulut, ungkap Wagub, banyak pihak swasta yang membangun rumah sakit di Manado. “Selama dua tahun ini, pembangunan RS yang baru di Sulut begitu luar biasa. Tidak mungkin swasta membangun kalau tidak ada income. Jadi kalau swasta bisa, kita (pemerintah) juga harus bisa,” tandasnya.

Fasilitas yang tersedia di dalamnya, yakni di lantai dasar ruang parkir, lantai 2 ruang rawat inap, lantai 3 ada ruang rawat inap serta pusat kajian pengembangan kesehatan ibu dan anak. Di lantai 4 ada fertility center, dengan teknologi reproduksi berbantu yakni yang dikenal program bayi tabung, untuk membantu pasangan suami istri dalam mendapatkan keturunan.

Dengan tersedianya layanan program bayi tabung ini, maka warga di Sulut dan semuanya yang hendak mengikuti program bayi tabung tidak perlu pergi jauh. “Jadi kalau ada pasangan yang hendak mendapatkan keturunan melalui program bayi tabung, tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jakarta atau ke luar negeri lagi,” ujar Direktur RSUD ODSK, dr Enriko H Rawung MARS.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.