Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Diikuti 40 Peserta, 2nd Mangatasik Underwater Photo Competition 2021 Digelar Hari Ini

Diikuti 40 Peserta, 2nd Mangatasik Underwater Photo Competition 2021 Digelar Hari Ini

Konferensi pers Dinas Pariwisata Provinsi Sulut dengan JIPS, di Mangatasik Resort, Kamis 25 November 2021.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Sebanyak 40 peserta adu skill dalam event 2n Mangatasik Underwater Photo Competition Tahun 2021 yang digelar Jumat 26 November 2021.

Ketua Harian Panitia Pelaksana Katiman Herlambang kepada wartawan menjelaskan, tahun lalu juga sudah diselenggarakan dan diikuti oleh 30 peserta. “Tahun ini 40 peserta dari beberapa kota seperti Jakarta, Bali, Ambon dan ada yang dari Gorontalo. Dari Amerika Serikat juga ada peserta 2 orang,” ungkapnya dalam Press Conference yang digelar di Mangatasik Resort, Tanawangko, Kamis 25 November 2021.
Ditambahkannya, lomba ini akan memperebutkan hadiah dengan total 100.000.000,-. “Tujuan utama adalah memperkenalkan daerah tujuan wisata yang baru terutama bawah laut. Seperti diketahui, Bunaken daya dukungnya sangat terbatas. Apabila makin banyak pengunjung, akan menimbulkan kerusakan yang masif. Karena itu, kami dengan Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Pariwisata memikirkan cara bagaimana upaya penyelamatan Bunaken. Kita berharap tahun depan bisa melebar ke Sangihe atau Bolmong,” sambungnya.

Sementara, Kadis Pariwisata Provinsi Henry Kaitjili mengungkapkan, event ini adalah gagasan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. “Ini dalam rangka pak Gubernur membuka areal-areal penyelaman. Ini penegasan, ide gubernur, bagaimana kita melaksanakan event dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Kaitjili.

Terobosa Gubernur Olly dalam membangun infrastruktur pariwisata di masa pandemik, lanjutnya, menjadi kekuatan Sulut.

Terkait lomba, akan melibatkan lima orang juri yang terdiri dari juri nasional dan juri internasional. “Ada unsur keunikan, ketajaman, angle pengambilan seperti apa. Ada sekitar 5 poin yang kita akan nilai,” ungkap Kaitjili yang juga adalah juri internasional.

Event yang akan dilaksanakan pada 27-28 November 2021, akan melombakan dua kategori yakni kategori open dan compact. “Di dunia foto bawah laut ada istilah open, kamera bebas, besar atau kecil. Yang compact, khusus kamera yang kecil. Tapi kamera kecil bisa masuk.pada kategori besar. Memang teknik foto bawah laut, fotografernya sangat berperan. Kadang orang dengan kamera kecil bisa mengalahkan kamera besar,” jelas Herlambang.(gyp)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *