Dinas Pariwisata Minut Siap Latih Nelayan Bahasa Inggris

oleh -187 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Minahasa Utara, merupakan salah satu destinasi super prioritas.

Untuk itu, Pemkab Minut bakal memberikan pelatihan bahasa asing bagi nelayan dan masyarakat umum yang ada di wilayah KEK Likupang. Hal tersebut sebagaimana disampaikan kepada Dinas Pariwisata Audy Sambul.

Menurut Kadis Audy, saat gelar bincang santai bersama Forum Jurnalis Biro (Forjubir) Minahasa Utara, Kamis (04/02/21) lalu, bahwa dalam waktu dekat akan digelar pelatihan bahasa asing bagi nelayan dan masyarakat yang ada di wilayah KEK. Program tersebut merupakan inisiatif dari Mensesneg beberapa waktu lalu dan akan segera dilaksanakan.

“Pastinya untuk jumlah tidak terbatas. Dan kami akan menggelar pelatihan menggunakan 2 metode. Yaitu secara daring dan offline atau langsung di Likupang dengan memperhatikan protokol. Pertemuan langsung itu akan dilakukan tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kadis Audy.

Lebih lanjut ditambahkan Kadis Audy, jika program ini dari 5 daerah di Indonesia yang menjadi super prioritas Pariwisata hanya 3 yang dapat pelatihan dari program Kementerian Sekertaris Negara ini. “Kami bersyukur kalau Minut boleh menjadi satu daerah dari tiga yang mendapatkan program ini. Tentunya, yang kami harapkan nelayan dan masyarakat umum yang ada di wilayah untuk menunjang KEK ini dapat berkontribusi dan memanfaatkan kesempatan ini,” ucapnya.

Pelaksanaan program Mensesneg ini tambah Kadis Audy hanya di Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang. “Bahasa Inggris dan bahasa Mandarin untuk Likupang dan Mandalika. Labuan Bajo hanya bahasa Inggris. Tentu yang diusulkan banyak masyarakat nelayan dan pelaku industri pariwisata termasuk pedagang kecil. Untuk pulau juga diberikan pelatihan dan rencananya Maret akan dilaksanakan. Kegiatan ini akan digelar dua gelombang maksimal 40 (empat puluh) orang setiap pelatihan,” tutur Sambul didampingi sekretaris Dispar dan para Kabid.

Perlu diketahui, KEK Likupang merupakan satu dari lima destinasi super prioritas selain di Candi Borobudur, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo. Untuk itu, diharapkan kepada pemerintahan JG-KWL di awal tahun 2021 ini, agar dapat menyusun roadmap yang detail dalam pembangunan nanti sehingga kedepan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.

(Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.