Dinas Pertanian Mitra Gencar Memberikan Kepelayanan Kesehatan Kepada Hewan Ternak

oleh -396 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), gencarnya memberikan kepelayanan Kesehatan Hewan (Keswan) seluruh Kecamatan di Mitra, Kamis 16 Maret 2023.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Mitra Ir. Vecky V.J Monigir, ME mengatakan, ini upaya dari dinas Pertanian Kabupaten Mitra untuk pencegahan dan pengendalian penyakit hewan menular khusus wabah ASF (African Swine Fever) pada ternak babi.

“Karena petugas dari Dinas Peternakan turun langsung ke peternak hewan babi dan sapi,” ujar Monigir.

Lebih lanjut Monigir, petugas serta para peternak melaksanakan penyemprotan desinfeksi atau penyemprotan desinfektan.

“Selain diadakan penyemprotan desinfektan di kandang para peternak, dilaksanakan pengobatan dan pelayanan kesehatan hewan. Dengan pemberian vitamin dan obat- obatan,” pungkas Monigir.

Ditambahkan Monigir, selain pemberian  pengobatan kepada hewan ternak babi dan sapi. Dilakukan juga penandaan ternak sapi, sehingga hewan ternak sudah beridentitas.

“Adapun hewan ternak babi dan sapi yang sudah kami adakan pengobatan sekitar puluhan ternak babi dan sapi,” tuturnya

Adapun tujuan dari pemasangan eartag (anting eartag pada sapi) adalah agar memudahkan seleksi dan recording serta memudahkan dalam monitoring tata laksana pemeliharaan.

“Ini juga memudahkan pencatatan dan pendataan populasi hewan, status reproduksi, serta distribusi hewan ternak. Hewan ternak seperti sapi perlu dilakukan penandaan dan pendataan hewan ternak agar diketahui identitas setiap hewan dan populasi hewan ternak yang sudah divaksinasi secara nasional,” tutupnya.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.