Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Dinkes Tunda Suntik Vaksinasi Kepada Warga Miliki Penyakit Bawaan

Dinkes Tunda Suntik Vaksinasi Kepada Warga Miliki Penyakit Bawaan

MITRA, Swarakawanua.com– Terkait ditunda suntik Vaksinasi Covid-19 kepada warga masyarakat yang memiliki penyakit bawaan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dr. Helny Ratuliu arahkan ke Rumah Sakit Mitra Sehat, Senin 19 Juli 2021.

Disaat dihubungi awak media di ruang kerja Ratuliu mengatakan, bagi warga masyarakat yang memiliki penyakit bawaan tidak lolos screening maka, pemberian vaksinasinya di tunda.

“Disaat di lakukan screening oleh Vaksinator yang biasanya ada empat meja, dia punya tekanan darah tinggi diatas 180 atau gula diatas 200 maka kami menunda divaksin. Sambil kami berikan obat,” ujar Ratuliu.

Lebih lanjut dijelaskan Ratuliu, sekitaran dua ataupun tiga hari warga yang memiliki sakit bawaan dimintakan balik mencek kembali. Kalaupun ada masalah-masalah, petugas arahkan ke rumah sakit Mitra Sehat.

“Ini ada kemungkinan yang bersangkutan mempunyai penyakit otoimun atau penyakit kronis yang lain. Kebetulan di rumah sakit Mitra Sehat memiliki dr specialis jadi itu yang kita arahkan ke rumah sakit,” pungkasnya.

Dijelaskan Ratuliu, kami dari pihak Dinkes Mitra mensosialisasikan kepada masyarakat. Penyakit kronis apa saja yang di tunda vaksinasi, seperti contoh darah tinggi, ada kelainan jantung, atau riwayat alergi berat.

“Memang dilapangan ada keluhan juga dari rumah sakit, sebenarnya warga masyarakat yang ingin memeriksakan penyakit seperti, asam urat, kolestrol bisa dilayani di Rumah Sakit,” tutupnya.(CIA)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *