Diterima Bupati Minahasa, Pemkab Minahasa Raih Penghargaan Universal Health Coverage

oleh -358 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Masyarakat Indonesia, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si Menerima Penghargaan Universal Health Coverage yang di serahkan langsung Meteri Dalam Negeri, Jendral Pol. (Purn.) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. di Balai Sudirman Jakarta. Selasa (14/3/2023).

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Minahasa bersama 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang dihadiri Wakil Presiden, K.H Ma’ruf Amin, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

Adapun Tema yang diusung pada acara UHC sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Masyarakat Indonesia.

Kriteria penghargaan yang diberikan yakni, Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

KH. Maruf Amin dalam arahannya menyampaikan, salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

Dia menyampaikan, salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penata kesehatan masyarakat.

” Teruskan dukungan bersama untuk mencapai UHC yang ditargetkan RPJMN 2022-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyampaikan beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik dari peran Gubernur, Bupati dan Walikota.

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M,Si, melalui Kadis Kominfo Maya Kainde SH, MAP, menyampaikan Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Bupati dan Wakil Bupati Minahasa mengucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat, Gubernur Sulut, serta jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa  yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN.

Penyerahan penghargaan tersebut dihadiri sejumlah Menteri  Kabinet Indonesia Maju, Gubernur serta Bupati dan Walikota yang meraih Penghargaan UHC. (*/Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.