Dunia Memasuki Era Society 5.0, Mahasiswa dan Lulusan Unsrat Dituntut Untuk Terus Berevolusi; Kaleidoskop Unsrat Bulan Mei-Agustus 2021

oleh -471 Dilihat
Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA menghadiri Wisuda Daring 2021 Unsrat Periode IV Tahun Akademik 2020/2021, Kamis 20 Mei 2021.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com— Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi maupun mahasiswa yang sudah diwisuda diingatkan Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA untuk berorientasi bahkan berevolusi dengan perkembangan zaman serta perubahan global yang tidak pernah sepi.

Dunia sekarang memasuki era Society 5.0 yang ditandai dengan kualitas SDM yang mampu berpikir kompleks, kritis, kreatif, tetapi juga cakap berkoordinasi dengan orang lain.

Di bawah ini kaleidoskop Universitas Sam Ratulangi sepanjang Bulan Mei 2021 hingga Agustus 2021.

 

3 Mei 2021

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Herman Karamoy SE, M.Si, Ak. CA

yang dilakukan dengan 2 cara yakni secara luring terbatas yang dihadiri oleh 25 anggota senat serta tamu undangan di antaranya Walikota Manado terpilih Andrei Angow dan Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady, pelaksanaan secara daring di ikuti oleh 100 peserta zoom meeting dan 100 Youtube viewers. Tampak hadir dan memberikan sambutan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA.

 

3 Mei 2021

Wakil Ketua MPR RI Dr. Sjarifuddin Hasan, M. M, MBA dan rombongan melakukan kunjungan silaturahmi di Universitas Sam Ratulangi didampingi oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Ronny Gosal, MSi., juga Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ronny A. Maramis, SH., MH., serta para Wakil Dekan 3 Unsrat dan BEM Unsrat.

 

5 Mei 2021

Wisuda Daring 2021 Universitas Sam Ratulangi Periode IV Tahun Akademik 2020/2021 dihadiri Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA. Sebanyak 1.159 orang yang diwisuda saat itu dituntut untuk berorientasi bahkan berevolusi dengan perkembangan zaman serta perubahan global yang tidak pernah sepi. Dunia sekarang memasuki era Society 5.0 yang ditandai dengan kualitas SDM yang mampu berpikir kompleks, kritis, kreatif, tetapi juga cakap berkoordinasi dengan orang lain.

 

25 Mei 2021

Kunjungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, di Gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi, kunjungan ini dalam rangka Program Mahasiswa Peduli Desa. Kegiatan ini bertujuan memberikan pendampingan kepada masyarakat desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan dana desa sesuai kewenangan yang dipunyai oleh masing-masing pihak.

Kegiatan ini juga bermanfaat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dana desa sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dan terciptanya link and match antara kebutuhan di sektor pemerintahan dengan ilmu yang dimiliki mahasiswa.

 

27 Mei 2021

Kunjungan Central Queensland University Australia, yakni,  Prof Nick Klomp Vice -Chancellor, Prof. Hendrik Halim Associate Vice Chancellor dan President of Central Queensland University Australia ke Universitas Sam Ratulangi dalam rangka kerjasama tentang peternakan sapi terintegrasi.

 

 

31 Mei 2021

Dies Natalis ke-61 Fakultas Pertanian Unsrat dirangkaikan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama antara Unsrat dan beberapa kabupaten/kota penandatanganan Piagam Kerjasama antara Dekan Fakultas Pertanian dengan beberapa SKPD kabupaten/kota dan kelompok tani. Dies Natalis ini dihadiri Menteri Pertanian yang diwakili oleh Kepala Pusat KKIP Ir. Junaidi, MM., Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, S.E yang adalah juga Ketua Dewan Penyantun Universitas Sam Ratulangi, Ketua IKA Unsrat Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan serta para bupati dan walikota.

Pembukaan Dies Natalis ke-60 Unsrat, Jumat 11 Juni 2021.(Foto: ist)

 

11 Juni 2021

Pembukaan Dies Natalis ke-60 Universitas Sam Ratulangi dihadiri oleh Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, para Wakil-wakil Rektor, Ketua Ikatan Alumni Unsrat Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, dan segenap Civitas Unsrat

 

11 Juni 2021

Pelantikan Insinyur Program Studi Program Profesi Insinyur Pascasarjana Unsrat. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA mengatakan pendidikan profesi merupakan bagian dari mata rantai nilai keinsinyuran yang diakui.

 

14 Juni 2021

Penandatanganan MoU antara Universitas Sam Ratulangi dengan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Ratih Hapsari Kusumawardani S.Si, MT, mengatakan, Menteri Keuangan juga memerintahkan kepada Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara untuk bersama-sama mewujudkan program kampus merdeka.

 

16 Juni 2021

Kunjungan kerja dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Universitas Sam Ratulangi ini, dalam rangka Konsultasi Penyusunan Statuta dan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNG.

 

21 Juni 2021

Walikota Manado Andrei Angow menandatangani MoU dengan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA. Menurut Rektor, penandatanganan MoU ini sangat bermanfaat untuk Pemerintah Kota Manado dan Universitas Sam Ratulangi, karena dengan adanya Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, itu mengharuskan mahasiswa Unsrat  turun ke berbagai instansi dengan berbagai keilmuan yang ada di Universitas Sam Ratulangi.

 

23 Juni 2021

Kunjungan Silaturahmi Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoly SIK MH

 

28 Juni 2021

3 tahun sudah Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA  menjalankan berkat dan tanggung jawab sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi.

 

28 Juni 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri Tumou Tou (T2) mulai hari ini 28 Juni sampai 01 Juli 2021. Jalur UTBK-T2 adalah jalur masuk mandiri yang diselenggarakan oleh Unsrat, setelah SNMPTN dan SBMPTN. Jumlah peserta yang mengikuti UTBK T2 Unsrat sebanyak 4.158 orang.

 

29 Juni 2021

Pembukaan Dies Natalis ke-57 Fispol Unsrat ke-57 dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU Unsrat dan DPRD Sulut, secara terbatas, dihadiri Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA beserta pimpinan Unsrat, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Fransiscus Andi Silangen Sp.B, KBD dan Dekan Fispol Dr. Drs. Novie Pioh serta Ketua Panitia Dies Natalis Melky J. Pangemanan SIP, M.AP, M.Si, dosen, mahasiswa dan alumni Fispol Unsrat.

 

2 Juli 2021

Vaksinasi Covid – 19 bagi 2000 mahasiswa Unsrat, di Gedung Auditorium Unsrat, ditinjau langsung Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA bersama Walikota Manado Andrei Angow dan Direktur RSUP Kandow Dr. dr. Jimmy Panelewen. Vaksinasi ini diadakan dalam rangka Dies Natalis ke-60 Unsrat.

Vaksinasi bagi 2000 mahasiswa Unsrat, di gedung Auditorium Unsrat, Jumat 2 Juli 2021.(Foto: ist)

 

9 Juli 2021

Ulang tahun ke-61 Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dengan syukuran serta HUT ke-60 Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Sangkertadi DEA.

 

29 Juli 2021

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB), digelar hari ini sampai 30 Juli 2021. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA berharap, PK2MB yang dilakukan secara Daring atau online ini tidak mengurangi mutu dari setiap materi yang akan diberikan serta diperoleh dari para pembina. Rektor mengajak kita untuk mengisi hari-hari secara positif, bermanfaat dan produktif, serta jangan biarkan diri kalian terbawa arus negatif.

 

30 Juli 2021

Pembagian Sembako dalam rangka Dies Natalis ke-60 Unsrat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam meringankan beban dan memberi manfaat bagi warga Universitas Sam Ratulangi di tengah pandemi Covid-19. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat M.Sc., DEA didampingi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan yang juga merupakan Ketua Panitia Dies Natalis Unsrat ke-60 Dr. Ronny Maramis SH. MH serta Kepala Biro Umum Dra. Lusye Manumpil M.Si. memberikan secara langsung bantuan kepada rohaniwan, tenaga satuan pengamanan, tenaga kebersihan dan tenaga sopir di lingkungan Universitas Sam Ratulangi.

 

5 Agustus 2021

Universitas Sam Ratulangi didorong menjadi Kampus Bersinar oleh Kepala BNN RI Dr. Petrus Reinhard Golose, yang  memberikan materi seputar permasalahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika kepada para mahasiswa Universitas Sam Ratulangi dalam webinar bertajuk Gerakan Anti Narkoba.

 

12 Agustus 2021

Vaksin Merdeka Samrat dilaksanakan di auditorium Universitas Sam Ratulangi, yang dilaksanakan Polda Sulut dalam menyambut HUT ke-76 RI. Tampak hadir Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. Nana Sujana, M.M, serta jajaran Forkopimda Sulut, dan Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA.

19 Agustus 2021

Wisuda Daring Unsrat periode I tahun akademik 2021/2022. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen. J. Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan, capaian akademik yang telah diraih ini tentunya merupakan hasil jerih payah, dan proses pembelajaran tidak berhenti setelah lulus kuliah, karena kunci keberhasilan yang sebenarnya adalah jatuh-bangun dan terus belajar. Sebanyak 1.207 diwisuda hari ini.

 

 

19 Agustus 2021

Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) menunjuk Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, menjadi host pameran virtual dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26. Acara ini hadir secara virtual memberikan arahan serta membuka Rangkaian kegiatan Pameran Virtual Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Welcome Speech oleh Dirjen Diktiristek Bapak Nizam, dan Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen Kumaat sebagai Moderator. Dalam ruang pameran virtual 2D-3D tersebut ditampilkan berbagai karya dari 34 perguruan tinggi, platform ini mempertemukan pihak universitas yang memiliki inovasi dengan industri yang siap membantu hilirisiasi.

 

25 Agustus 2021

Rektor Universitas Sam Ratulangi yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan yang juga sebagai Ketua Panitia Dies Natalis Universitas Sam Ratulangi Dr. Ronny Maramis SH. MH di dampingi oleh Kepala Biro Umum Dra. Lusye Manumpil M.Si memberikan bantuan secara langsung kepada tenaga honorer yang ada di lingkungan Universitas Sam Ratulangi. Kegiatan ini juga adalah bentuk kepedulian Universitas Sam Ratulangi meringankan beban di tengah menghadapi pandemi Covid – 19 ini.

 

 

25 Agustus 2021

Universitas Sam Ratulangi menerima Piagam Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Utara sebagai Peringkat III Kualitas Laporan Keuangan UAPPA-W Tahun 2020 Lingkup Kanwil Djpb Provinsi

 

 

26 Agustus 2021

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam kegiatan Unsrat Peduli Mahasiswa mengatakan, perayaan Dies Natalis ke-60/Lustrum XII Unsrat, seharusnya dilakukan secara meriah karena perayaan sepuluh tahunan, tetapi dengan adanya Pandemi Covid-19 harus dilakukan secara sederhana dan kegiatannya antara lain pemberian sembako kepada 75 mahasiswa penghuni rusunawa.

 

27 Agustus 2021

Upacara ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Dr. G.S.S,J. Ratulanngi dan para almarhum mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi dalam rangka Dies Natalis ke-60 Unsrat.(gyp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.