Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Gandeng GENPI, Bupati Evangelian Sasingen Sebut Keindahan Destinasi Pariwisata Sitaro Harus Dikenal Dunia

Gandeng GENPI, Bupati Evangelian Sasingen Sebut Keindahan Destinasi Pariwisata Sitaro Harus Dikenal Dunia

Sitaro – Swarakawanua.com – Keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) patut diperhitungkan dunia.

Pasalnya, dari segi aspek pariwisata, Kabupaten Sitaro memiliki beberapa pulau dengan keunggulan panorama alam yang indah.

Hal itu membuat Bupati Evangelian Sasingen terus menggenjot pertumbuhan destinasi pariwisata Sitaro.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata Sitaro Hendrik Lalamentik mengaku, pihaknya kini terus berupaya mempromosikan keindahan yang dimiliki Kabupaten Sitaro kepada dunia, Senin 15 Agustus 2022.

“Bupati Evengelian Sasingen sangat mendukung program ODSK baik itu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), UMKM, apalagi dunia pariwisata, untuk itu, harapan Bupati, keindahan destinasi pariwisata Sitaro harus dikenal dunia,” ujar Lalamentik.

Lanjut dia, salah satu keunggulan destinasi pariwisata kami terletak di pulau Makalehi yakni Danau Cinta.

Dikatakan Lalamentik, saat ini pihaknya berkolaborasi bersama Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sitaro maupun Provinsi.

“Untuk mengexplore keindahan Kabupaten Sitaro kami, bekerjasama dengan Genpi akan melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat khususnya anak muda. Bagaimana caranya mempromosikan daerah mereka masing-masing yang memiliki destinasi wisata, melalui digital dengan membuat konten pariwisata dari anak-anak muda Sitaro,” ungkap Lalamentik.

Ia membeberkan, Pulau Makalehi pernah meraih Desa terbaik dalam ajang lomba Desa di tingkat Nasional pada 2010 silam.

“Untuk itu saya berharap, dengan akan dibentuknya Genpi Sitaro mampu mendorong dunia pariwisata yang ada hingga dikenal dunia,” tukas Lalamentik.

Sementara itu, Ketua Genpi Sitaro Jerry Pandensolang sangat berterima kasih atas perhatian Pemkab Sitaro dalam memajukan dunia pariwisata.

“Bupati Sitaro merupakan perempuan satu-satunya dari Kader PDIP yang sangat menunjang pembangunan dunia pariwisata,” kata Pandensolang.

Diungkapkan Pandensolang, Genpi Sitaro saat ini sedang mempersiapkan pelantikan kepengurusan, sehingga semua program baik dari pemerintah maupun Genpi itu sendiri bisa berjalan baik.

“Persiapan pembentukan Genpi Sitaro sangatlah baik dan penuh dengan antusias serta mendapat dukungan dari Pemerintah daerah dalam hal ini Ibu Bupati dan Kadis Pariwisata yang selalu mendorong pemuda sitaro agar dapat berkolaborasi dengan mempubilakasikan tempat wisata yang ada di sitaro,” ungkapnya.

Lanjut dia, kami sebagai pemuda tentunya sangat antusias dalam upaya perencanaan penyusunan struktur setiap pemuda dan pencinta wisata maupun budaya agar dapat terakomodir di kepengurusan yang sedianya dalam waktu dekat akan dilantik.

“Sinergitas antara organisasi Independen dan pemerintah sekiranya dapat berjalan dengan baik agar dapat mempublikasi daerah 47 pulau yang kaya akan keindahan alam serta history budaya baik religy, adat istiadat, yang sampai saat ini dipegang oleh pemangku adat bahkan tokoh-tokoh agama dan masyarakat,”

Ia berharap, daerah ini bisa maju menjadi daerah yang dikenal dikanca nasional bahkan internasional.

“Dengan sendirinya daerah sitaro yang menjadi penyangga KEK likupang akan mampu maju dalam daerah pariwisata mandiri. Target utama genpi sitaro adalah menjual panorama serta keindahan alam ke Mancanegara hingga dapat menunjang inkan daerah dari segi Pariwisata dan UMKM berbasis karya budaya. ada banyak hal yang menjadi wacana serta strategi pemuda sitaro yang tergabung dalam genpi sitaro kiranya dapat terealisasi jika sudah terbentuk secara struktural. demikian yang dapat saya sampaikan Terima kasih,” tutur Pandensolang.

About Mario Sumilat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *