Gebrakan Rita Dondokambey-Tamuntuan Tuai Apresiasi, Pagelaran Kain Sulut Dibuka Paula Kawatu-Mantiri

oleh -808 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com– Dekranasda Provinsi Sulut sukses menggelar event Pagelaran Kain Sulawesi Utara (PKSU), di Tri R Hotel Wawonasa, Manado, Rabu 27 April 2022. Terbukti, areal lobi hingga restoran yang menjadi pusat penyelenggaraan terlihat semarak dengan pajangan aneka produk kain dari para pengusaha kain Sulut di daerah yang berjulukan Nyiur Melambai ini.

Selain gelaran kain dan fashion show, aneka produk kerajinan kain Sulut diperagakan langsung oleh Nyong dan Noni Sulut. Kegiatan yang digelar sejak sore hingga malam dimulai dengan Talk Show membahas ragam kain nusantara dengan pembicara Merry Karouwan dari perwakilan Dekranasda Sulut dan Kain Waya, Veldy Umbas owner Kain Minahasa dan Vanda Rorimpandey pemerhati kain yang dipandu Staf Khusus Walikota Manado Felix Palenewen. Talkshow ini membahas detail tentang kain dan seluk beluknua secara tuntas.

Rangkaian acara ini pun menuai pujian. Ir Rita Dondokambey Tamuntuan sebagai Ketua Dekranasda dianggap sukses melaksanakan kegiatan tersebut. Bahkan lebih hebat lagi, Dekranasda dinilai berhasil menggebrak kebangkitan ekonomi kreatif berbasis kerakyatan di Sulut era pasca pandemi saat ini. “Saya salut dengan gelaran acara ini. Memperlihatkan sinergitas yang kuat antara Dekranasda dengan insan pengusaha kain. Mereka kompak bersama membangkitkan produksi kain di era perekonomian mulai bangkit setelah dihantam pandemi berkepanjangan,” kata seorang wartawati senior TVRI.

Hal senada disampaikan Mariani dari kain Sabay Manado. Pengusaha pengrajin kain yang aktif memproduksi sekaligus menjual produk kainnya hingga ke level nasional dan internasional ini melihat acara ini sukses karena memotivasi para pengusaha lokal Sulut untuk bangkit. “Salut Dekranasda, Ibu Rita dan tim. Semoga ke depan acara seperti ini terus digenjot dan mengajak kami para pengusaha yang mengusung konten kearifan lokal,” kata Mariani.

Ketua Harian Dekranasda yang juga Kadis Perindag Provinsi Sulut Edwin Kindangen memberi apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam even ini.
Veldy Umbas, owner Batik Minahasa mengatakan, baru sekarang dalam era Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (ODSK), semua pegiat kain disatukan dan diberi kesempatan yang sama.
Kegiatan dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan. (DWP) Provinsi Sulut Paula Kawatu-Mantiri. Turut hadir para pengusaha kain batik dan pelaku usaha terkait.(*/gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.