Gerakkan Perekonomian Daerah, Presiden Ingatkan Kepala Daerah Segera Belanjakan APBD

oleh -183 Dilihat
Wagub Sulut Steven OE Kandouw mengikuti kegiatan pengarahan Presiden RI Joko Widodo kepada kepala daerah se-Indonesia tahun 2021, secara virtual dari ruang CJ Rantung kantor gubernur, Rabu (28/4/2021).(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah di Indonesia mengimbau untuk segera membelanjakan APBD. Hal ini dikatakan Presiden, adalah untuk menggerakkan perekonomian di daerah. “Berkaitan dengan ekonomi dan melihat kondisi yang sekarang yang kita kerjakan dapat menekan lajunya penyebaran harian kasus Covid-19. Bulan Maret dan April ini sudah kelihatan ekonomi sudah hampir menuju pada kondisi normal, sehingga target kita secara nasional di tahun 2021 ini target pertumbuhan ekonomi kita 4,5 sampai dengan 5,5 persen itu bisa kita capai. Dan itu dimulai sangat tergantung sekali pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2021. Artinya apa, April, Mei dan Juni ini sangat-sangat menentukan, kalau kita bisa menekan Covid-19nya tanpa membuat goncangan di ekonomi maka inilah sebuah keberhasilan dan target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai, kalau itu bisa tercapai maka untuk kuartal yang berikutnya lebih memudahkan,” harapnya.

Presiden juga mengajak kepada seluruh provinsi dan kabupaten/kota mempercepat belanja Pemda. “Belanja APBD segerakan, karena angka-angka yang saya lihat yang tinggi itu baru belanja pegawai tetapi juga baru di angka 63 persen. Belanja modal per Maret baru 5,3 persen, padahal yang namanya perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi. Saya sudah sampaikan kepada Mendagri untuk mengingatkan semua daerah agar mensegerakan belanja APBD, baik itu belanja aparatur dan belanja modal,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mengikuti kegiatan pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021 secara virtual dari ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Rabu (28/4/2021).
Kegiatan ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, jajaran Forkopimda Sulut dan Sekdaprov Sulut Edwin Silangen.(hbm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.