Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Gerakkan Perekonomian UMKM dan Perhotelan, BPJS-Kesehatan Cabang Manado Launching JKN-KU, Ini Manfaatnya Bagi Peserta JKN-KIS Aktif

Gerakkan Perekonomian UMKM dan Perhotelan, BPJS-Kesehatan Cabang Manado Launching JKN-KU, Ini Manfaatnya Bagi Peserta JKN-KIS Aktif

Para vendor yang bekerjasama dengan BPJS-Kesehatan Cabang Manado bersama Kepala Cabang BPJS-Kesehatan Manado dr Meryta Rondonuwu, Senin 27 September 2021..(Foto: peggy)

MANADO, Swarakawanua.com—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kesehatan) Cabang Manado menciptakan satu upaya untuk turut menggerakkan perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), khususnya yang ada di wilayah kerjanya, dengan melaunching program edukasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Kolaborasi UMKM (JKN-KU). Kepala Cabang BPJS-Kesehatan Manado dr Meryta Rondonuwu mengatakan, upaya ini juga sekaligus menggiatkan edukasi program JKN kepada masyarakat di wilayah kerja BPJS-Kesehatan Cabang Manado yang mencakup enam kabupaten/kota yakni Kota Manado, Kota Bitung,Kabupaten Minahasa Utara, dan tiga daerah kabupaten kepulauan yakni Sangihe, Sitaro dan Talaud (Sansirotal). “JKN-KU adalah upaya kami untuk menggerakkan perekonomian UMKM, walaupun ada juga yang skala besar, seperti perhotelan. Di masa pandemi ini banyak yang merasa, untuk meraih pelanggan agak susah. Nah, harapannya, dengan mereka bekerjasama dengan kami, akan dapat membantu sosialisasi sehingga mereka dapat meningkatkan pelanggannya. Dan mereka juga dapat mengedukasi masyarakat akan adanya program JKN ini,” jelasnya.

Untuk dapat menikmati diskon kamar hotel hingga makanan, minuman dan perawatan di klinik kecantikan, syaratnya mudah. “Yang pasti adalah peserta JKN yang aktif, tidak dipandang kita ini PNS atau pegawai BUMN, yang pasti syaratnya adalah harus peserta aktif, dengan menunjukkan ada aplikasi Mobile JKN di handphonenya, sudah bisa menikmati fasilitas diskon yang diberikan oleh vendor-vendor yang sudah bekerjasama dengan kami,” imbuhnya.

Kepala BPJS-Kesehatan Cabang Manado dr Meryta Rondonuwu.(Foto: peggy)

 

Saat ini, lanjut dr Meryta, sudah ada 14 vendor yang bekerjasama, beberapa di antaranya adalah Hotel Ibis, Hotel Swiss-Bellhotel Maleosan, Klinik Prime, Coconutwood Café, Kopi Nikmat, Xiaolin, Buddyburger, Ko Petrus, dan Grill De Shabu.  “Program ini juga menjadi semangat bagi mereka untuk mengajak para peserta JKN yang aktif untuk mampir ke tempatnya. Ada beberapa yang sudah satu bulan lebih kerjasama dengan kami, cukup meningkatkan kunjungan orang untuk berkunjung. Saat ini ada 14 vendor, seperti hotel, tempat makan, dan klinik,” katanya.

Program JKN-KU adalah program baru di BPJS-Kesehatan Cabang Manado yang baru berjalan Juni 2021 lalu. Program ini adalah program customer loyalty, sebagai pemberian benefit tambahan kepada customer atau pengguna layanan tertentu. “Kami sementara memperluas, semoga banyak juga yang dapat bekerjasama, agar sasaran kita untuk turut membantu menggerakkan perekonomian, dapat  terwujud,” imbuh dr Meryta.(gyp)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *