Gubernur Olly Dondokambey Dampingi Megawati Soekarnoputri saat Peresmian KRI Bung Karno-369

oleh -234 Dilihat

 

JAKARTA, Swarakawanua.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mendampingi Presiden Ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Peresmian ini tepat diperingatan Hari Lahir (Harla) Pancasila tahun 2023. Adapun Kapal perang dengan jenis korvet ini akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang telah beroperasi selama lebih dari 2 dekade.

“Kapal Korvet Bung Karno-369 hadir untuk memperkuat armada TNI AL yang dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang (OMP), serta mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Megawati Soekarnoputri dalam kegiatan tersebut.

Megawati mengatakan bahwa, kapal tersebut adalah hasil produksi dalam negeri ini memiliki ukuran panjang 73 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 5 meter. Kapal tersebut juga mampu menampung sebanyak 55 anak buah kapal.

“Dalam sisi persenjataan, kapal ini memiliki satu Meriam Leonardo dengan diameter 40mm, dua senapan mesin berat 20 mm serta dua peluncur rudal permukaan ke udara,” tuturnya.

Megawati menuturkan, kapal ini dipersenjatai dengan satu Meriam Leonardo 40 mm, dua senapan mesin berat 20 mm, dan dua peluncur rudal permukaan ke udara. Tak hanya itu, kapal ini juga memiliki torpedo, sonar, dan tempat landasan helikopter.

“KRI Bung Karno juga dilengkapi dengan terpedo dan sonar, serta dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo,” tuturnya.

Pada upacara peresmian itu, dirangkaikan dengan pengukuhan Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo sebagai Komandan pertama KRI tersebut oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.(mey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.