Gubernur Olly Hadiri Peringatan Hari Donor Darah Sedunia Provinsi Sulut di Benteng Moraya

oleh -1078 Dilihat
Pembukaan Peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dengan pemukulan tetengkoren.(Foto: ist)

 

TONDANO, Swarakawanua.com– Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menghadiri Peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Provinsi Sulawesi Utara, yang dilaksanakan di Monumen Benteng Moraya, Tondano, Senin 13 Juni 2022 sore.
Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini dirangkaikan dengan Pelantikan Tim Giat Donor Darah dan Deklarasi Relawan PMI Sulut, juga Opening Ceremony Otomotif Peduli Kesehatan (OPK).

Sebelum pelantikan, Sekretaris PMI Sulut Mercy Rampengan membacakan SK pengurus PMI Sulut tentang Tim Giat Donor Darah PMI Sulut. Kemudian pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua PMI Sulut Anni Dondokambey SH MH.

Kegiatan yang digagas oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut dan PMI Kabupaten Minahasa ini diikuti peserta para relawan PMI Sulut.

Ketua PMI Pusat Bidang Pengembangan UTD UDD Linda Lukita Waseso yang hadir membacakan sambutan Ketua Umum Jusuf Kalla. “Melalui semangat solidaritas inilah para pendonor darah sukarela untuk terus membantu sesama tanpa membedakan suku agama dan ras. PMI juga mengajak komponen masyarakat untuk menjadi pelopor donor darah,” katanya.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Pemerintah. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, kita bersyukur acara memperingati Hari Donor Darah Sedunia bisa terlaksana dengan baik. “Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi kepada PMI Sulut. Ini sangat baik bagi kita dalam rangka menggerakkan pendonor-pendonor baru. Pelaksanaan event ini menunjukkan komitmen PMI yang ada di Sulut ini. Saya atas nama Pemerintah berterimakasih karena dukungan Forkopimda dan seluruh stakeholder yang ada,” ujarnya sembari memberikan support kepada kegiatan PMI.

Pembukaan peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini ditandai dengan
Pemukulan Tetengkoren dan pelepasan balon merah putih.

Tampak hadir Forkopimda Sulut, Ketua PMI Kabupaten Minahasa Robby Dondokambey yang juga Wakil Bupati Minahasa, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Forkopimda Minahasa, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo MScPH, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, serta para relawan PMI dari 15 kabupaten dan kota di Sulut.

Sebelum itu Ketua Harian Panitia Roy Mewoh dalam laporannya menyampaikan, dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini, PMI Sulut dan PMI Minahasa melaksanakan vaksinasi dan donor darah di Benteng Moraya selama satu pekan. Dalam rangka memeriahkan Hari Donor Darah se- Dunia dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain Pelantikan Tim Giat dan Relawan Palang Merah Indonesia untuk membantu mensosialisasikan pentingnya Donor Darah dan menjaring pendonor darah, juga kegiatan Otomotif yang mengambil Tema ROAD To Victory dimaksudkan agar Generasi Muda untuk berkompetisi menuju Kemenangan dengan mengedepankan sportivitas, seperti pelaksanaan Drag Race roda 4 dan roda 2 serta adventure. “Dan untuk mengangkat perekonomian masyarakat dilaksanakan pameran UKM di Benteng Moraya ini,” jelas mantan Pjb Bupati Minahasa ini.

Sebelum opening ceremony, telah dilaksanakan Show Force Kendaraan Relawan PMI Sulut
yang menempuh rute Benteng Moraya, kemudian seputaran Kota Tondano, dilanjutkan dengan Fun Walk yang mengambil rute dari Lapangan God Bless dan finish di Benteng Moraya. Rangkaian kegiatan Hari Donor Darah Sedunia ini akan berlangsung pada 13-19 Juni 2022.(gyp)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.