Hari Ini Pemprov Vaksinasi Jurnalis Sulut di Klinik Pratama di Kantor Gubernur

oleh -335 Dilihat
Salah satu jurnalis Sulut, Srikandi Pangemanan, saat divaksin tahap pertama, Rabu 3 Maret 2021.(Foto: ist)
Salah satu jurnalis Sulut, Srikandi Pangemanan, saat divaksin tahap pertama, Rabu 3 Maret 2021.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Tugas dan kerja jurnalis yang sering bertemu dengan narasumber sangat rentan terpapar virus Covid-19. Tak salah lagi jika pemerintah melakukan vaksinasi terhadap seluruh jurnalis, termasuk di Sulut.
Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw.
Rabu 3 Maret 2021, Pemprov melakukan vaksinasi bagi kalangan jurnalis khususnya yang sehari-harinya meliput di kantor gubernur. Tampak para jurnalis begitu antusias untuk divaksin. Bobby Sambeka dari RRI, Michelle de Jongker dari Trans7, Stenly Lonteng dari indoberita.com, dan Aldrin Salendu dari Metro TV, tiba di Klinik Pratama Kantor Gubernur Sulut tepat pada waktu yang dijadwalkan, diikuti jurnalis lainnya dari berbagai media. Secara bergantian para jurnalis melakukan registrasi, dilanjutkan dengan skreening oleh petugas di lokasi pelaksanaan vaksin. Skreening meliputi pengukuran tekanan darah, dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan petugas terkait penyakit kronis yang mungkin diidap para sasaran vaksinasi tersebut. Bagi yang sudah pernah dirawat penyakit jantung, petugas menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu, dan kemudian membawa surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa sasaran bisa divaksin. Selanjutnya bagi yang tidak mengidap penyakit kronis, lanjut pada tahapan penyuntikkan vaksin. Pada tahapan ini, vaksinator akan menjelaskan terkait vaksin yang akan disuntikkan. Setelah disuntik, setiap penerima vaksin akan menjalani observasi selama 30 menit. Sambil.menunggu waktu, penerima vaksin disarankan untuk duduk dengan tenang. Masa observasi dimaksudkan untuk mengantisipasi reaksi yang kemungkinan timbul pasca vaksinasi.
Asisten I Setprov Sulut Edison Humiang saat meninjau pelaksanaan vaksin bagi jurnalis mengingatkan agar setelah menjalani vaksinasi tahap pertama ini, jurnalis maaih tetap menerapkan protokol kesehatan. “Jadi setelah divaksin, tetap memakai protokol kesehatan dengan mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ujar Humiang.
Para jurnalis pun mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah memfasilitasi pemberian vaksin Covid-19 untuk kalangan jurnalis. “Terima kasih kepada Pemprov melalui Dinas Kesehatan yang telah memfasilitasi pemberian vaksin bagi kalangan jurnalis yang memang butuh proteksi diri dalam melakukan tugas peliputan dan mewawancarai narasumber,” ungkapnya.(gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.