Hari Jadi Minahasa Ke-593, DPRD Kabupaten Minahasa Gelar Rapat Paripurna

oleh -263 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Dalam rangka Hari Jadi Minahasa Ke-593, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna pada Jumat, (5/11/2021) di wale ne tou tondano

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Geldy Kandow, SE Di dampingi Wakil Ketua, Oktesi Runtu dan Denny Kalangi tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandow dengan mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat.

Acara Peringatan Hari Jadi Minahasa Ke-593 yang digelar secara sederhana dimeriahkan dengan menampilkan Tarian Kabasaran Khas adat Minahasa dan Tari Tempurug.

Dalam pengantarnya, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, Glady Kandouw menjelaskan peringatan Hari Jadi Minahasa sekedar seremoni belaka namun sebagai lembaran dari tidak sejarah yang baru, dengan akar dan makna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus.

“Semangat hubungan keduanya telah memperbesar tanah Minahasa pada tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonomi, yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonomi yang lain,” tulisnya.

Ia masyarakat agar mengumumkan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan Tanah Minahasa pada khususnya, dan NKRI pada umumnya

Sejarah mencatat dengan tinta emas, rakyat Minahasa sejak berabad-abad yang lalu dikenal sebagai masyarakat yang dinamis, agamis dan hidup bermapalus. Sejarah mencatat pula dalam keluarga sebagai bangsa Indonesia, rakyat Minahasa selalu memberikan kontribusi positif dalam setiap momentum kehidupan bangsa. Momentum historis ini mengingatkan kita tentang rintisan ide, gagasan, bahkan buah karya yang telah digoreskan oleh putra-putri terbaik tanah Minahasa dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi bagi kemajuan Minahasa, tanah Toar Lumimuut tercinta,” urainya.

lanjut Glady, bahwa sudah selayaknya semua Tou Minahasa menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada sesepuh pimpinan Minahasa dari waktu ke waktu.

“Dan kepada semua elemen masyarakat yang ada di tanah Minahasa, yang telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah ini,” tandas Glady.

Rapat Paripurna ini dirangkaikan dengan upacara pengukuhan oleh Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si selaku Ketua Dewan Adat Minahasa kepada tiga tonaas umbanua yang di kukuhkan dalam upacara adat yang disaksikan langsung Anggota DPRD Kabupaten Minahasa dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Adapun tokoh ketiga yang dianugerahi gelar adat Tonaas Wangko Umbanua yaitu, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Wanti Waraney Mamahit dianugerahi Tonaas Teterusan Wangko Um Banua, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong sebagai Tonaas Teterusan Um Banua dan Brigjen Pol. Victor Joubert Lasut sebagai Tonaas Gumiiroth Um Banua.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si, Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si MM , Forkopimda Sulut, Forkopimda Minahasa, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Sekdakab Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Para Asisten Setdakab Minahasa, Sekwan Drs. Dolfie Kuron MBA, Kepala OPD Pemkab Minahasa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Camat, Hukum Tua, Lurah, Hukum Tua, Mantan Bupati Minahasa dan Undangan Lainnya. (Advetorial)

(erwin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.