Hasil Lobi Gubernur Olly, Kementerian Perhubungan dan Dishub Sulut Siapkan Proses Hibah Kapal Pariwisata

oleh -208 Dilihat
Gubernur Olly Dondokambey menjelaskan kepada Presiden RI Joko Widodo terkait potensi dan rencana serta kendala dalam pengembangan KEK pariwisata Sulut. Tampak Presiden Jokowi saat meninjau Likupang.(Foto: ist)
Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dra Lynda Watania MAP.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Pemprov Sulut melalui Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulut tengah mempersiapkan penyerahan hibah kapal pariwisata hasil lobi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE ke Kementerian Perhubungan RI.
Menurut Kadis Perhubungan Daerah Provinsi Sulut
Dra Lynda Watania MAP, saat ini tengah dibahas kesiapan daerah terkait penyerahan hibah. “Hibah kapal pariwisata masih proses di Kementerian Perhubungan. Kita sudah berapa kali rapat untuk kesiapan hibah. Itu kapal pariwisata yang diusulkan oleh pak Gubernur dan menteri menyetujui,” jelasnya.
Diungkapkannya, kemungkinan besar Sulut akan mendapat dua kapal pariwisata dan akan dioperasikan di kawasan pariwisata. Dengan melihat tahapan-tahapan persiapannya, kemungkinan akan rampung pada Oktober 2021. “Karena hibah kita harus siapkan institusi pengelola, apakah BUMD atau sektor swasta untuk mengelolanya, termasuk operator dan sumber daya manusia (SDM) penanggungjawab,” ungkapnya.

Presiden dan Ibu Negara menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken saat berkunjung ke Sulut beberapa tahun lalu. Kapal pariwisata seperti ini yang bakal dihibahkan untuk Sulut.(Foto: ist)

Dalam operasionalnya nanti, kapal pariwisata itu bisa melayani wisatawan atau disewakan ke masyarakat dengan kapasitas sekitar 70an orang. “Bisa ke Manado, melayani ke Bitung, juga ke Likupang,” imbuh Watania.
Ia menjelaskan, sebenarnya sejak dua tahun lalu kapal ini diusulkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE ke pihak Kemenhub dan disetujui. Hanya saja terkendala masa pandemi Covid-19 sehingga pemerintah di semua jenjang fokus dalam menghadapi dampak akibat wabah penyakit tersebut, dan saat ini baru dilanjutkan kembali.(gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.