Jaga Generasi Muda, KPID Sulut Gelar Literasi Digital Bagi Siswa SMA 1 Airmadidi

oleh -663 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Mengangkat tema “Generasi Hebat, Cerdas Memilih Siaran” Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Literasi Digital di SMA Negeri 1 Airmadidi, Rabu 15 Juni 2022.

Pentingnya membekali para siswa memasuki era digital KPID Sulut secara rutin mensosialisasikan Literasi Digital.

Diketahui, Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Meilany Rauw Komisioner KIPD Sulut mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam menyambut transformasi penyiaran digital.

“KPI mempunyai peran penting sebagai bagian dari masyarakat, untuk itu kami mempunyai tugas dan tanggung jawab mengawasi penyiaran Televisi, Radio, maupun internet,” kata Merlin.

Lanjut dia, untuk itu hari ini kami berada disini bersama tim KPID Sulut guna mensosialisasikan betapa pentingnya Literasi Digital.

Hal senada dikatakan Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Sulut Pengasihan Amisan, tujuan Literasi Digital, mengajarkan masyarakat untuk menggunakan digital dengan bijak.

“Melalui digital begitu banyak hal positif yang bisa kita dapatkan, akses untuk mendapatkan informasi lebih muda, bahkan melalui digital kita mampu meraup materi,” jelas Santo sapaan akrabnya.

Kata dia, literasi digital menambah keterampilan baru bagi siswa, contohnya, mencari percobaan sains dengan melihat tutorial di internet.

“Melalui digital kita bisa hemat pemakaian kertas dan secara tidak langsung sudah menjaga lingkungan,” ucap Santo.

Namun, digital apabila disalah gunakan bisa merusak generasi muda dengan mencari situs terlarang, untuk itu Santo mengingatkan bagi para siswa agar menggunakan internet dengan bijak.

“KPID Sulut atas perintah UDD akan terus berkontribusi menjaga dan mencerdaskan generasi muda. Saya berharap siswa SMA 1 Airmadidi mampu memanfaatkan internet sebaik mungkin untuk masa depan,” tutur Santo.

(MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.