James Sumendap Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Patung Bunda Maria

oleh -297 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH, MH, bersama jajaran. Menghadiri peletakan batu pertama pembangunan patung Bunda Maria, bertempat di Desa Tatengesan, Kecamatan Pusomaen, Rabu 20 September 2023.

Peletakan batu pertama tersebut diawali den gan doa bersama umat Katolik Paroki St. Luk as Ratahan Minahasa Tenggara yang di pimpin oleh Pastor Lexi Nangoy, Pr.

Kesempatan tersebut Pastor menyampaikan, kami paroki St. Lukas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara selain peletakan batu perta ma, serangkaian juga dengan syukuran serta ucapan terima kasih kami kepada bupati yang sudah mendampingi sekaligus menopang, membantu umat Katolik Paroki St. Lukas Ratahan.

“Kami percaya bahwa, jasa-jasa dari Bapak Bupati James Sumendap, SH, MH selama 10 tahun luar biasa. Itu semua bukan hanya dirasakan oleh seluruh warga masyarakat, tetapi secara khusus juga dirasakan umat Katolik Paroki St. Lukas Ratahan. Sehingga kami mengagas kegiatan ini,” ujar Pastor.

Lebih lanjut dikatakan Pastor Lexi Nangoy, peletakan batu pertama dalam kata lain untuk mengingatkan kepada bapak Bupati James Sumendap, SH, MH pernah memulai pembangunan ini.

“Kami juga merasakan, apa yang menjadi pro gram selama 10 tahun di Minahasa Tenggara. Kami sebagai umat katolik di Mitra, kami ingin melakukan apa yang sudah dilaksanakan dan di programkan oleh pemerintah Kabupaten. Termasuk program pemerintah tentang ketah anan pangan, kami sudah memulai. Bapak Bupati pada waktu itu juga bapak Bupati ikut mengambil bagian menanam pisang dan ubi,” ucapnya.

Dirinyapun berharap, mudah-mudahan deng an pembuatan patung bunda Maria dan lokasi wisata rohani ini terkait Bentenan sampai Lak ban, akan menambah objek wisata religius di wilayah sini.

“Karena itu, pembuatan patung bunda Maria bukan hanya menjadi tempat doa semata- mata. Tetapi juga diusahakan menjadi tempat wisata rohani,” tutur Pastor.”Kami atas nama umat katolik St. Lukas Ratahan, kami juga selaku wakil uskup mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH, MH dalam sambutan mengatakan, bukit ini bukan hanya bukit inspirasi. Tetapi juga, jadi bukit keselamatan. Kare na, patung yang akan dibangun ini. Kita yakini bersama adalah, bunda Maria yang memang orang suci.

“Luar Biasa, ibu dari Jesus. Patung yang bukan saja hanya inspirasi, tetapi juga bukit keselamatan. Patung bunda Maria yang kita yakini orang suci,” ujar Sumendap.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, nantinya patu ng yang akan dibangun disini. Akan menjadi patung yang bersejarah ditanam Minahasa Tenggara, generasi gereja Katolik di Mitra. Bahwa, kita telah memulai di tanggal 20 September 2023.

“Ini juga menginggatkan kita semua, betapa besar kuasa Allah, Tuhan yang luar biasa yang kita sembah dan yang kita puji,” ungkap Sumendap.

Dirinyapun kesempatan tersebut merasa bangga kepada umat Katolik, kepada pastor atas telah memprakarsai pembuatan Patung Bunda Maria ditempat ini.

“Roh Kudus bekerja pa kita biar kurang satu Minggu jadi bupati (roh Kudus bekerja pada saya biar kurang satu Minggu menjabat bupati, red), saya sudah perintahkan kepada Sekertaris Daerah yang kebetulan sementara ini sedang menyusun anggaran. Masukan di anggaran pariwisata tentang pembangunan Patung Bunda Maria ini sebesar 100 juta,” ucap Sumendap.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan patung Bunda Maria yaitu, Sekda Mitra David lalandos AP MM, Asisten III Mitra Elly Sangian, Biimas Mitra, perwakilan Bimas Propinsi Sulut, Sekertariat Dewan Pastoral Paroki St. Lukas Ratahan Gebnius Sabon Aman sekaligus Komunikasi Sosial , Camat Pusomaen Yountje Wahongan, tokoh perwakilan umat Mitra, Umat Katolik yang ada di Wilayah kabupaten Mitra serta Tim khusus yng terlibat dalam kegiatan acara tersebut, Ketua KBK Paroki dan Seluruh Umat yang Terlibat dalam kerja bakti tersebut.(CIA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.