Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Jangan Mudah Terpecah Belah, Ma’ruf Amin: Hoax Berkembang Lebih Cepat Seperti Deret Ukur

Jangan Mudah Terpecah Belah, Ma’ruf Amin: Hoax Berkembang Lebih Cepat Seperti Deret Ukur

Wapres RI saat menyampaikan sambutannya.(Foto: ist)

 

MINUT, Swarakawanua.com– Berita bohong dapat berkembang lebih cepat seperti deret ukur apabila dibandingkan dengan berita yang bersifat konfirmatif (pelurusan berita) yang diilustrasikan seperti deret hitung. Hal ini dikatakan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-6 se-Indonesia Tahun 2021, di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat 19 November 2021.

Dilansir dari wapresri.go.id, Wapres mengungkapkan, era digital yang serba mutakhir saat ini memungkinkan informasi tersebar dengan cepat. “Diantara informasi tersebut ada yang bersifat positif, dan ada yang sifatnya negatif termasuk isu-isu yang dapat menimbulkan konflik antar umat beragama antara lain melalui narasi konspiratif dan berita bohong (hoax),” ungkapnya.

Untuk itu, Wapres berharap agar forum yang diadakan oleh FKUB hari ini dapat memitigasi hal tersebut. “Saya mengharapkan forum ini juga membahas tantangan tersebut secara mendalam serta menyiapkan langkah antisipasinya,” pesan Wapres.

Dalam forum yang bertajuk ‘Torang Samua Ciptaan Tuhan’ ini, kembali Wapres mengingatkan, kerukunan antar umat beragama merupakan unsur utama bagi terciptanya kerukunan nasional. Sehingga, seluruh umat harus dapat terus menjaga kerukunan ini agar tidak mudah terpecah belah.

“Kerukunan umat beragama tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus senantiasa kita jaga dan kita pelihara,” pungkas Wapres.(dkips/ik)

 

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *