Joune Ganda Ungkap Desa Digital Permudah Pemerintah Desa Dalam Pelayanan

oleh -422 Dilihat

 

 

Minut, Swarakawanua.com – Desa Kolongan Tetempangan Kecamatan Kalawat Minut bisa jadi Role Model Desa Digital di Kabupaten Minahasa Utara.

Hal ini diungkapkan Bupati Minut Joune Ganda S.E. M.A.P. M.M.M.Si saat melakukan Launching Desa Digital Goltem(Go Online Kolongan Tetempangan) Hebat dan Internet Gratis, Kamis, (01/06/2023) di halaman Balai Desa Kolongan Tetempangan.

Launching ini meliputi pengoperasian aplikasi Goltem Hebat yang bisa diakses melalui Play Store untuk melayani surat menyurat bagi warga Koltem dan Internet Gratis bagi warga Desa Koltem di dua titik.

Menurut Operator Aplikasi, Glen Wowiling, ST, aplikasi ini memudahkan warga untuk meminta pelayanan surat menyurat dari pemerintah desa Koltem.

“Jadi warga tidak perlu lagi ke kantor desa, melainkan hanya memesan lewat aplikasi, sehingga warga dimudahkan dalam mengurus surat,” terang Glen.

Launching Desa Digital dan Internet Gratis ini diapresiasi sepenuhnya oleh Bupati Minut Joume Ganda. Bupati JG bahkan berharap apa yang dilakukan oleh Pemdes Koltem ini bisa menjadi Role Model desa desa di Minut.

“Dengan adanya digitalisasi, ini bisa kita jadikan role model dalam pelayanan surat menyurat, karena proses administrasi yang ada di desa sudah bisa dilakukan secara digital. Anda lihat sendiri tadi sudah diperagakan dengan baik. Ini akan meningkatkan good governance pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masayarakat,” tukas Bupati JG didampingi Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Fredriek Tulengkey dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Dra. Mieke Tumbol M.Pd.

Lebih jauh dikatakan Bupati, ini bisa meningkatkan kecepatan pelayanan dan bisa direkam data yang ada sehingga memudahkan dalam mencari data penduduk. Selanjutnya saat diadakan pengembangan kemudian sudah terkoneksi antar desa, kecamatan, dan kabupaten, maka ini akan ditingkatkan bukan saja pembiayaannya hanya melalui dana desa, tetapi bisa juga lewat APBD Minut untuk digunakan di seluruh desa.

“Ini adalah langkah awal, sehingga ketika ini sudah berjalan dengan baik maka dilakukan program untuk proses kontiniutasnya sehingga bisa terus berjalan,” tukas Bupati Ganda.

Menurut Bupati JG, ini perlu diapresiasi, karena spirit yang digunakan dengan take line Goltem yakni Go Online Kolongan Tetempangan benar-benar sangat milenial.

Terpisah, Pejabat Hukum Tua Desa Kolongan Tetempangan Venny Mokoagow mengatakan, ini adalah inovasi dari Putra Desa lulusan ITB(Institut Teknologi Bandung), yakni Glen Wowiling yang merupakan anak dari Politisi Senior Minut Denny Wowiling yang dipersembahkan untuk Kabupaten Minahasa.

“Program ini perlu didukung dan digunakan secara makaimal oleh seluruh perangkat desa sehingga ini bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Kerinduan kami, kedepan layanan internet gratis ini bisa menjangkau seluruh wilayah di desa Koltem yang meliputi sepuluh jaga,” terang Mokoagow didepan Bupati dan jajaran pejabat Pemkab Minut.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Koltem, Denny Ronny Wowiling mengungkapkan rasa salut dan bangga atas iniiasi dan inovasi Pemdes Koltem, sehingga Bupati Minut berkenan me-launching Desa Digital Goltem Hebat dan Internet Gratis ini.

“Ini merupakan implementasi dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati JGKWL, sehingga setiap komponen di desa Koltem harus ikut mensuport selaligus memanfaatkan layanan Goltem Hebat ini,” singkat Dewo.

Sedangkan Camat Kalawat Indri Ferlie Nasa M.A.P. menyatakan rasa bangganya atas diluncurkannya program layanan melalui digiitalisasi desa ini.

“Ini tentunya sangat bermanfaat untuk memudahkan pelayanan surat menyurat di desa. Dan ini bisa diikuti oleh desa-desa lain di Kecamatan Kalawat bahkan di seluruh Minut,” ucap Nasa.

Hadir dalam acara launching ini, Ketua BKSAUA Koltem Pdt. Yanny Tewu M.Th, Ketua BPD Koltem, Fredy Sirap SE dan anggota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Babinsa Koramil 1310-06 Airmadidi dan Babinkamtibmas Polres Minut. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.