Kembangkan Kerajinan Daerah, BI dan Dekranasda Tandatangani Kerjasama

oleh -612 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com – Gubernur Sulut Utara Olly Dondokambey diwakili Asisten II Praseno Hadi menghadiri kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulut dengan Kantor Perwakilan BI, di Ruang Tondano  Lt. 3 Gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulut, Jumat 13 Agustus 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan BI Perwakilan Sulut ini dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Arbonas Hutabarat dalam laporannya mengatakan, penandatanganan PKS ini adalah mengenai Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Pengembangan Kerajinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. “Mengingat pentingnya peran Usaha Mikro, Usaha Kecil dan, Usaha Menengah (UMKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) terhadap perekonomian nasional, pemerintah, baik di pusat maupun daerah dan juga Bank Indonesia di seluruh Kantor Perwakilan terus melakukan upaya pengembangan UMKM/IKM, termasuk pada sektor kerajinan,” tuturnya.

Menurut Arbonas, perkembangan UMKM/IKM khususnya pada sektor kerajinan tersebut sangat erat kaitannya dengan kehadiran Dekranasda yang senantiasa melestarikan dan mengembangkan produk serta memasarkan hasil kerajinan lokal Indonesia menjadi produk unggulan yang dikenal sampai ke mancanenagara. “Melihat besarnya potensi di sektor industri kerajinan tersebut, maka Kantor Perwakilan BI bersama Dekranasda Sulut berkomitmen untuk terus bersinergi dalam pengembangan UMKM/IKM pada sektor kerajinan khususnya kerajinan kain, fesyen, home décor, dan kerajinan lain yang bersifat industri atau produk kreatif yang menjadi potensi daerah di Sulawesi Utara,” jelasnya.

Komitmen ini juga, lanjutnya, adalah salah satu bentuk dukungan kantor perwakilan BI Sulut dan Dekranasda Sulut terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dilaksanakan oleh Pemerintah secara nasional sejak tahun 2020. “Serta dukungan kepada UMKM/IKM sektor kerajinan yang sangat terdampak dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” sambungnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan PKS yang dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut dan Ketua Dekranasda Sulut. Turut hadir Kepala Dinas Perindag Provinsi Edwin Kindangen, Ketua Persatuan Istri Pegawai BI Yena Arbonas Hutabarat, dan pejabat terkait lainnya.(dkips/ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.