Kenakan Baju Adat Minahasa, Gubernur Olly Inspektur Upacara HUT ke-58 Provinsi Sulut

oleh -614 Dilihat
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat menjadi Irup pada Upacara Peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulut, Jumat 23 September 2022, di lapangan upacara kantor gubernur.(Foto: ist)

MANADO, Swarakawanua.com— Peringatan hari ulang tahun ke-58 Provinsi Sulut pada Jumat 23 September 2022, di halaman kantor gubernur, sarat nuansa budaya.


Para pejabat yang menghadiri upacara tampak mengenakan busana adat etnis-etnis yang ada di Sulut, seperti Minahasa, Sangihe, dan Bolmong.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE juga, bersama istri Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan mengenakan pakaian adat Minahasa. Sementara, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw dan istri, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS tampak mengenakan pakaian adat Bolmong.

Upacara ditandai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan-pahlawan di Sulut. Selanjutnya Gubernur Olly memimpin pembacaan Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

Gubernur mengungkap, tema HUT ke-58 Provinsi Sulut mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Sejahtera Bersama’. “Kita sudah berjuang penuh dan pulih dari Covid-19 sehingga ini bukan pandemi tapi sudah endemi. Kita percepat pemulihan sehingga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kegigihan dan semangat para pendiri kita harus kita warisi, dalam melanjutkan pembangunan,” ujar Gubernur.

Selanjutnya, harmonisasi hidup di Sulut boleh kita pertontonkan kepada warga di Sulut maupun di daerah lain. “Kita mampu merajut tantangan menjadi peluang bahkan menjadi kekuatan. Buktinya pada pandemi kita mampu melewati bersama dengan mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, sampai booster. Semuanya ini, karena keamanan di Provinsi Sulut. Terima kasih kepada TNI dan Polri dalam menjaga keamanan di Sulut,” katanya.

Gubernur pun mengungkap sejumlah prestasi Pemprov Sulut di masa oandemi. “Di masa pandemi, ada 3 rumah sakit daerah berhasil kita bangun walaupun di tengah kondisi pandemi, yaitu RSUD ODSK, RSJ Kalasey. Infrastruktur sarana dan prasarana terus berproses, dan kita bisa membuka ekspor di masa pandemi,” syukurnya.

Gubernur pun mengajak seluruh elemen masyarakat di Sulut untuk menjaga kebersamaan. “Dengan semangat kebersamaan kita berhasil membangun. Budaya mapalus mari bersama-sama kita gaungkan di HUT ke-58 Provinsi Sulut,” ucapnya.

Tampak hadir Anggota DPR RI dan DPD RI utusan Sulut, mantan gubernur dan wakil gubernur Sulut serta istri gubernur atau wakil gubernur, pimpinan DPRD Sulut, para rektor, staf ahli gubernur, perangkat kepala daerah, staf khusus gubernur, kepala instansi vertikal, pemuka agama, tokoh adat, para teladan dan warga Sulut yang berprestasi.(gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.