Kepala BPSDM Sugeng Hariyono Apresiasi Kegiatan FORPIM DPRD se – Sulut, Silangen : Sangat Surprise

oleh -227 Dilihat

Sulut,Swarakawanua.com-Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono memberi apresiasi kegiatan Forum Pimpinan (FORPIM) DPRD se-Sulawesi Utara yang digagas Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga.

Kegiatan tersebut kata Hariyono merupakan bagian upaya untuk meningkatkan kompetensi bagi para wakil rakyat di Sulawesi Utara yang sangat serius dilakukan pihak Sekretariat DPRD Sulut.

“Tidak mudah loh mengumpulkan para politisi, ini kami beri apresiasi sangat tinggi dan kami berharap program seperti ini dilaksanakan kalau bisa lebih masif berdasarkan tema misalnya dengan membuka dokumen RPJMD, kita buka sama-sama misalnya terkait Ranperda tertentu, kita kaji bersama,” ujar Sugeng Hariyono di kegiatan FORPIM DPRD se – Sulut yang berlangsung di Hotel Sentra Minahasa Utara, Jumat (14/07/2023).

Baginya forum tersebut juga sebagai upaya untuk mengatasi kesenjangan kompetensi bagi anggota DPRD antara apa yang seharusnya mereka kuasai dalam menjalankan tugas fungsi Pembentukan Peraturan Daerah (Perda), Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan dengan kemampuan secara riil yang dimiliki anggota dewan.

Selain itu lanjut Hariyono, Kemendagri juga memiliki dua program bagi DPRD Propinsi dalam upaya meningkatkan kompetensi yakni orientasi pelaksanaan tugas serta pendalaman tugas sebagai anggota Dewan.

“Jadi siapapun anggota Dewan Propinsi atau Kabupaten/Kota, kita kenalkan aktifitas mereka  dari latar belakang organisasi, pendidikan dan pengalaman maupun profesi kita kumpulkan dalam satu kelas yang namanya orientasi pengenalan dan mereka kembali bertugas di daerahnya kemudian dalam waktu tertentu satu tahun mereka kembali mendapatkan orientasi pendalaman  tugas misalnya pembentukan Perda, struktur, isi, bahasa dan susunannya. Makin detail makin bagus,” terangnya.

Namun demikian  menurutnya, peningkatan kapasitas anggota DPRD tidak hanya sebatas kegiatan orientasi, namun juga sangat penting bagi seorang anggota DPRD untuk terus meningkatkan kemampuan belajar, salah satunya adalah meningkatkan kualitas diri sendiri.

“Misalnya melalui sarana media yang sangat mudah diakses saat ini secara online serta hadir di berbagai forum, ini adalah upaya untuk terus meningkatkan kualitas diri dan itu semua kembali kepada mereka,” tandas Harianto.

Disisi lain Harianto ikut menyentil soal kepercayaan publik terkait kinerja para wakil rakyat saat ini.

“Satu hal yang paling utama adalah integritas, saya berharap para anggota DPRD selain memiliki kemampuan kompetensi tinggi tapi juga punya integritas tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” kuncinya.

Sementara itu Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen, SpB, KBD menyambut baik kegiatan Forum tersebut bahkan ia menyebut sebagai “surprise” yang bisa menghadirkan dua nara sumber yang sangat penting di Kemendagri yakni Dirjen Dukcapil Dr.Drs Teguh Setiabudi, Mpd dan Kepala BPSDM Dr. Drs Sugeng Hariyono, Mpd.

“Ini sangat surprise dua narasumber ini bukan orang sembarangan dengan pemaparan materi yang sangat bermanfaat bagi kita, apalagi bagi saya yang baru di dunia politik,” kata Silangen.

Dengan demikian ia berharap kegiatan Forum Pimpinan DPRD dapat bermanfaat bahkan menjadi bekal dalam menjalankan tugas dengan berbagai tantangan yang ada saat ini terutama bagi para pimpinan dan anggota Dewan.

“Kedepan kita punya tantangan bonus demografi, salah olah bisa bahaya, tetapi apabila kita oleh dengan baik dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi negara dan masyarakat,” tutup Silangen.

Kegiatan tersebut juga ikut dihadiri anggota DPRD Sulut Careig Runtu, Melky Jakhin Pangemanan (MJP), Braien Waworuntu, Fabian Kaloh yang merupakan pimpinan dan anggota BAPEMPERDA serta Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga. (**/FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.