Kepala Desa Wajib Bekerjasama dengan Perangkat Desa

oleh -219 Dilihat
Petrus Tuange
Petrus Tuange
Petrus Tuange

 

MELONGUANE, Swarakawanua— Dalam mengambil keputusan, seluruh kepala desa wajib bekerjasama dengan perangkat desa, BPD serta masyarakat. Sebab, ditegaskan Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange, keputusan sepihak merupakan awal kehancuran.

“Keputusan yang diambil di desa adalah keputusan kolegial. Jangan mentang-mentang kepala desa kemudian ambil keputusan sepihak. Itu salah! Itu awal kehancuran!” tegasnya saat pengaktifan kembali Apris Tamawiwi sebagai Kepala Desa Ammat sesuai SK Bupati 258 tahun 2019 dan Dedy Tuang sebagai Kepala Desa Matahit sesuai SK Bupati 259 tahun 2019 di Aula Setda Kabupaten Talaud, Kamis 11 Juli 2019.

Ditekankan, kepala desa, terlebih khusus Tamawiwi dan Tuang wajib merangkul semua elemen masyarakat. Apalagi dengan diaktifkan kembali, pasti punya tugas yang sangat berat. Sebab dipastikan ada masyarakat yang menerima dan ada yang tidak.

“Semuanya (masyarakat) harus dirangkul untuk membangun desa. Karena itu rekonsiliasi menjadi agenda penting untuk segera dilakukan. Jadikan yang berseberangan dengan anda berdua justru menjadi kekuatan. Artinya tantangan dijadikan peluang dan kekuatan. Untuk itu harus dirangkul. Jangan justru mau dibuang atau dijauhkan. Segera lakukan rekonsiliasi,” tekannya.

Atas hal tersebut, Tuange mengungkapkan, sikap rendah hati sangat dibutuhkan untuk memulai langkah yang baru guna pembangunan desa. “Juga harus berani mengakui kekeliruan dan kesalahan yang mungkin telah dibuat sebelumnya,” kuncinya.(alj)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.