Ketua Bawaslu Sulut Buka Kegiatan Rapat Evaluasi, Mewoh: Tugas Bawaslu Yaitu Pencegahan dan Penindakan

oleh -60 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulut Dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan selama 3 hari 7-9 Juni 2024 di Peninsula Hotel Manado.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Bawaslu Sulut Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.IP., M.Si, Ia menjelaskan Bawaslu adalah lembaga yang diberikan tugas untuk melaksanakan pengawasan pemilu serta melakukan evaluasi yang sudah dikerjakan dalam setiap pengawasan pemilu.

“Untuk itu kami mengundang semua pihak yang diharapkan dapat memberikan catatan-catatan, serta dapat memberikan point-point informasi yang sudah diberikan bawaslu, yang kami tanyakan apakah selama tahun 2024 bawaslu sudah bekerja dengan baik? Harapan bawaslu agar dapat memberikan masukkan,” ucap Mewoh, Jumat (07/06/2024).

Menurut Mewoh tamu undangan yang hadir di kegiatan Bawaslu sudah memiliki kompeten untuk memberikan masukkan kepada Bawaslu. “Saya yakin semua yang hadir dapat memberikan evaluasi buat bawaslu,” ujarnya.

Mewoh mengatakan sebelum masuk dalam tahapan Pilkada harus di evaluasi terlebih dahulu.

“Point besarnya yaitu apakah bawaslu sudah bekerja dengan baik, sudah melaksanakan tugas dengan baik?,” tanya Mewoh kepada tamu undangan.

Lebih lanjut Mewoh juga menjelaskan ada 2 hal tugas pengawasan Bawaslu, yaitu pencegahan dan penindakan.

“Pertama pencegahan yang dimaksud yaitu kerjasama, sosialisasi, saran, perbaikan, yang kedua penindakan yaitu pelanggaran dan sengketa, dan untuk semuanya itu bawaslu sudah melaksanakannya,” ujar Mewoh. (FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.