Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen Dilantik Menjadi Ketua Harian Yayasan Kanker Sulut

oleh -362 Dilihat

 

Manado,Swarakawanua.com-Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Fransiscus Andi Silangen (FAS) dilantik menjadi Ketua Harian Yayasan Kanker Sulut.

Pelantikan ini dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Provinsi Sulut oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, yakni Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, secara virtual pada Senin, (15/8/2022).

Dalam sambutannya setelah dilantik, Silangen menyampaikan bahwa penyakit ini merupakan masalah besar bagi kesehatan masyarakat.

“Fakta mengungkap angka kematian orang pengidap penyakit kanker dari tahun ke tahun terus bertambah,” jelas Silangen.

Bahkan Silangen mengungkap fakta di tahun 2040 diprediksi angka penderita kangker akan terjadi kejadian besar.

“Sampai 29,5 juta yang terpapar dan 16.300 juta yang akan meninggal. Kematian dari penyakit kangker melebihi dari penyakit menular seperti AIDS, Malaria, TBC,” ungkap Silangan.

Oleh karenanya sebagai pengurus YKI Sulut, Silangen ingin mengajak rekan-rekan pengurusnya untuk boleh melakukan tanggung jawab.

“Karena masalah kanker bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi kita semua. Saya melihat dari komposisi kepengurusan ini banyak berlatar belakang dari bidang kesehatan,” ujarnya.

Silangen pun menambahkan bahwasanya penyakit Kanker ini bisa di cegah, dengan melakukan pola hidup sehat dan menghindari makanan-makanan yang menjadi pemicu kanker.

“Kita bisa menghindari dengan mengurangi makanan yang diawetkan, makanan yang segera, mengikuti kegiatan vaksinasi, melakukan cara hidup sehat dan bersih. Itulah cara-cara mengindari kangker,” ujar Silangen sembari menambahkan agar para pengurus YKI bisa melakukan sosialisasi.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Silangen pun menghimbau agar semua pasien kanker dapat mendapatkan perawatan secara merata, baik di Kota besar maupun di kota kecil. (FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.