Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Vonny Paat Sentil Fasilitas RSUD Noongan Tidak Memadai

oleh -602 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Vonny Paat sentil fasilitas RSUD Noongan yang tidak mencukupi, hal ini dikatakan Vonny di depan Direktur RSUD Noongan Inggrit Giroth, Senin 11 Juli 2022.

“Kami menemukan banyak alat-alat yang rusak di RSUD Noongan. Jika sudah tidak bisa dipakai, apakah bisa ditampung di Rumah Sakit. Atau ditampung menjadi besi tua saja, agar dihapus penghapusan,” ucap Vonny sembari meminta Inggrit Giroth memperhatikan fasilitas penerangan saat masuk RSUD Noongan. 

Vonny pun menyampaikan jangan sampai dengan kondisi RSUD Noongan yang gelap ini, banyak pasien yang takut ke rumah sakit Noongan.

“Dekat-dekat ini kami akan melakukan pembahasan APBD induk di tahun 2023, pada proses pembahasan mungkin dapat mengajukan pengajuan berupa pemeliharaan rumah sakit, pengadaan peralatan yang dibutuhkan dan sebagainya,” jelas Vonny.

Hal ini pun ditanggapi oleh Direktur RSUD Noongan Inggrit Giroth, Dia mengatakan RSUD Noongan saat masuk dari depan memang sangat gelap, apalagi banyak pepohonan besar agak serem.

“Kami sudah meminta bantuan kepada pihak Kimia Farma yang berada di depan RSUD Noongan untuk bisa menyumbangkan lampu jalan, meskipun tidak bisa secara optimal,”ucapnya.

“Saya juga mengubah jalan masuk RSUD Noongan agar hidup terlihat dan tidak serem. Sebelumnya pasien mengikuti pintu samping, sekarang pasien masuk melalui pintu depan,”tuturnya.

Kemudian, beberapa ruangan sudah diubah agar terlihat rapi dan bersih, meskipun banyak ruangan terlihat kumu.

“APBD Selama 5 tahun, kami tidak mendapatkan harga pemeliharaan gedung, baik itu gedung kantor, rumah sakit dan peralatannya. Beberapa alat yang sangat penting untuk digunakan, jika terlalu lama rusak mungkin akan menjadi besi tua. Untuk melakukan pemeliharaan pada peralatan Rumah Sakit, Kami mengambil alih jasa pemeliharaan kepada pihak ketiga, dan mereka sudah menyanggupi itu,” katanya.

Selanjutnya Inggrit Giroth menuturkan ada beberapa gedung layak pakai ruangannya akan dibersihkan, tetapi ada ruangan rumah sakit yang bocor tanpa pemeliharaan. Seharusnya, RSUD rujukan adalah Tipe B. 

“Untuk itu, Kami berusaha mencari tahu terlebih dahulu, dan mengusulkan pada perubahan terkait dana pemeliharaan gedung rumah sakit ini,”pungkas Giroth. 

(Feicy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.