Ketua TP-PKK Mitra Buka Secara Resmi Kegiatan Rakor Bagi Posyandu Prima Dan Transformasi Kepelayanan Prima 

oleh -666 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Ketua TP-PKK Kabupaten Minah asa Tenggara (Mitra) Ir. Ellen D Cumentas, ST, SP1, membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) bagi kelompok kerja Operasional Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dalam pengelolaan Posyandu Prima dan Posyandu Dalam Transformasi Layanan Primer tahun 2023. Bertempat Soekarno Hall, rimba Lamet, Selasa 20 November 2023.

Kesempatan tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Mitra Ir. Ellen D Cumentas, ST, SP1 dalam sambutan mengatakan, posyandu merupakan kepelayanan kesehatan, yang bersumber dari sumberdaya masyarakat. Serta, diselenggarakan dari, oleh serta bersama dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

“Ini berarti dari torang untuk torang, jadi ini juga guna untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada warga masyarakat dalam memperoleh Kepelayanan kesehatan dasar untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” ujar Cumentas.

Lebih lanjut dikatakan isteri tercinta Pejabat Bupati Mitra Ir. Ronald Sorongan, M.Si tersebut, terintegrasian layanan sosial merupakan salah satu upaya mengintegrasikan berbagai layanan yang membutuhkan masyarakat.

“Meliputi, perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, meningkatkan ekonomi keluarga, tenan pangan dan kesejahteraan sosial,” pungkasnya.

Pada saat ini menurut Cumentas, pemerintah saat ini memiliki keuntungan dari Posyandu yang diperuntukan segalah usia. Dikenal dengan, posyandu primer.

“Ini merupakan jenis posyandu pemberdayaan masyarakat, yang memberikan Kepelayanan kesehatan dasar dengan Kepelayanan lainnya. Sesuai dengan yang diperlukan,” ucap Cumentas.

Menurut Cumentas, beberapa tahun terakhir ini, banyak para posyandu yang kinerja menurun. Karena disebabkan beberapa faktor sala satunya yaitu, karena faktor kadernya sudah tidak berfungsi. Kondisi seperti ini, bagi kami tim penggerak PKK ini sangat memprihatinkan.

“Terlebih lagi, ada kader-kader posyandu itu pada kenyataan juga dari kader-kader dari PKK sendiri,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga Cumentas menuturkan, kami berharap kepada seluruh tim penggerak PKK di Kabupaten Minahasa Tenggara dapat meningkatkan penyuluhan serta pendampingan yang berkelanjutan dalam meningkatkan perkembangan posyandu.

“Jika ini dapat berlangsung pada akhirnya, kami sebagai ujung tombak pengelolaan Posyandu akan menjadi terampil dan termotivasi lagi dalam Posyandu,” tuturnya.

Tentunya menurut Cumentas, semoga dengan rakor ini kita dapat membangun komitmen bagaimana kita jadikan posyandu ini menjadi kebanggaan yang dapat meningkatkan kesehatan kepada masyarakat. Tentunya juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

“Sehingga, memudahkan kita bisa mewujudkan sumber daya Manusia yang berintegritas yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan bangsa. Khususnya bagi daerah kita kabupaten Minahasa Tenggara ,” tutup Cumentas.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr. Tommy Solaeman,M.Kes, para kepala Puskesmas se Mitra, para camat se Mitra dan seluruh para penggerak PKK Kabupaten Mitra, serta seluruh kader posyandu se-Kabupaten Mitra. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.