Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Komitmen ODSK Berikan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan, Pemprov Sulut Terbaik III Paritrana Award

Komitmen ODSK Berikan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan, Pemprov Sulut Terbaik III Paritrana Award

Wapres RI Ma’ruf Amin saat menghadiri gelaran Paritrana Award yang digelar secara virtual, Kamis 9 September 2021.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Sulawesi Utara meraih juara 3 Paritrana Award 2020 yang diumumkan dari Jakarta dan diikuti secara virtual dari Command Center Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kamis 9 September 2021. Walau belum bisa mempertahankan gelar juara 1 Paritrana Award 2019, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tetap bersyukur bisa menjadi terbaik ketiga se-Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat Sulut.
“Kita bersyukur terima juara 3 Paritrana Award 2020. Penghargaan ini bentuk komitmen Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan,” kata Gubernur Olly melalui Asisten I Setdaprov Sulut, Denny Mangala, saat didampingi Kadisnakertrans Sulut Erny Tumundo, seusai pengumuman Paritrana Award.

Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah, Perusahaan, Badan Usaha, maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diketahui tertib administrasi serta mampu mengimplementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP-Jamsostek) dalam upaya untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Tambah Mangala, perlindungan sosial ketenagakerjaan sangat penting agar pekerja aman dalam bekerja. Karena itu dia menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga Sulut mendapatkan rangking 3 nasional.

Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku, Arief Budiarto berujar walaupun saat ini Sulut dapat rangking 3, tapi menjadi tekad pihaknya untuk merebut lagi juara pertama di Paritrana Award 2021. “Beberapa kelengkapan kita sudah inventarisasi di tahun ini. Semoga yang sudah disiapkan bisa memotivasi kami semua untuk bersinergi. Tetap semangat songsong juara pertama di Paritrana Award 2021,” ungkap Arief saat didampingi Kepala BP Jamsostek Sulut Mintje Wattu.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin menuturkan Paritrana Award kali ini merupakan penyelenggaraan keempat kalinya selama 4 tahun terakhir. Ini membuktikan selama 4 tahun ini pemerintah dengan BP Jamsostek berkomitmen memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan.
“Apresiasi kepada semua pihak. Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini penting untuk meningkatkan rasa aman bagi pekerja,” kata Wapres.
Selama ini sudah 4 jaminan yang diberikan kepada pekerja, dan tahun depan akan ditambah dengan jaminan kehilangan pekerjaan.
“Selama pandemi terdapat dampak di semua sektor. Pemerintah sudah dan tengah memberikan Bantuan Subsidi Upah sebesar Rp1 juta untuk 8,9 juta supaya dapat meringankan beban pekerja,” tukas orang nomor 2 di Tanah Air ini.
Diketahui juara pertama Paritrana Award Kategori Provinsi diraih Provinsi DI Yogyakarta. Juara kedua yakni Provinsi Papua Barat, dan juara ketiga Provinsi Sulawesi Utara.(dkips/ik)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *