Kota Manado Terima Penghargaan UHC Award 2023

oleh -645 Dilihat
Walikota Manado Andrei Angouw menerima penghargaan UHC Award 2023 dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi.

MANADO, Swarakawanua.com – Pemerintah Kota Manado menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Secara simbolis, penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin kepada perwakilan 6 Gubernur di Indonesia.

Sedangkan para Bupati/Walikota, khususnya Walikota Kota Andrei Angouw, penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03/2023).

Walikota Andrei Angouw mengatakan bahwa diberikannya penghargaan UHC lantaran Kota Manado sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC).

Terhitung sejak 1 Januari 2023, lebih dari 95 persen dari total jumlah penduduk Kota Manado telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Manado telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan secara gratis.

“Tentu bangga dan puas atas pencapaian UHC di Kota Manado. Karena tinggal sedikit lagi kami bisa mencapai 100% UHC. Sehingga semua warga mendapatkan akses layanan kesehatan secara gratis di faskes terdekat,” kata Andrei Angouw.

Sementara itu, Wapres Maruf Amin dalam arahannya menyampaikan sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dengan demikian, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

“Teruskan dukungan bersama untuk mencapai UHC yang ditargetkan RPJMN 2022-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyampaikan beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik dari peran Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Oleh karena itu kegiatan penyerahan Penghargaan pada hari ini sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari pemerintah dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah menunjukkan kerja kerasnya dan menunjukkan kinerjanya yang luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN”, tandasnya.

Direktur Urama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN yang sudah dimulai sejak tahun 2014.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.