KPU Sulut Lantik 7.568 PPDP, Kenly: Tugas Pantarlih Akan Lebih Mudah Jika Dapat Dukungan Semua Pihak

oleh -61 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melantik dan melaksanakan Apel Akbar Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan Coklit Pilkada Serentak Tahun 2024, di Auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin (24/06/2024).

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Kenly Poluan mengemukakkan, peran serta pemerintah dan stakeholder dalam membantu tugas PPDP atau Pantarlih ini.

Kata Kenly, tugas Pantarlih akan lebih mudah jika mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi ataupun daerah begitupun juga Forkopimda.

Menurut Kenly, dengan adanya dukungan dari semua pihak termasuk mitra penyelenggara Bawaslu, maka proses pemutakhiran data pemilih ini akan lebih mudah dilalui.

“Terutama proses koordinasi dengan Bawaslu. Ini penting karena komitmen kita sebagai sesama penyelenggara untuk kerjasama dan kolaborasi harus dilakukan agar aktivitas ini dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Adapun, Kenly mengucapkan selamat atas pelantikan 7.568 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih se-Sulawesi Utara ini, ia berharap dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin.

“Semoga pekerjaan sebulan ini dapat dijalankan sebaiknya. Dan melakukan pekerjaan ini sesuai dengan prosedur atau standar operasional,” terangnya.

Untuk itu Kenly berharap, PPDP atau Pantarlih ini dapat melakukan kunjungan ke semua pemilih atau semua rumah untuk memastikan hak pilih semua yang berhak memilih.

“Tapi bagi semua yang belum memenuhi syarat harus dilaporkan tidak memenuhi syarat,” pungkasnya menutup sambutan.

Sementara itu mewakili Gubernur, Assisten I Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Denny Mangala dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada semua yang dilantik.

Menuruntnya bahwa ini merupakan tugas yang mulia dalam rangka mensukseskan Pilkada tahun 2024 ini. ia pun menyinggung, dalam sejarah demokrasi baru kali ini akan dilakukan pemilihan serentak se-Indonesia. Ini tantangan atau challenge bagi semua termasuk penyelenggara Pilkada.

“Bagi pantarlih, tugas ini berat. Selama sebulan bapak ibu akan bertugas. Karena ini lakukan tugas ini dengan baik, lakukan dengan tanggung jawab. Pemerintah Provinsi akan memberi support dan dukungan,” ungkapnya.

Diketahui, Lima Kabupaten/Kota yang hadir secara langsung dalam kegiatan Pelantikan dan Apel Akbar ini yakni Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa. Sementara kabupaten/kota lainnya mengikuti secara online.

Sebagai informasi, PPDP atau Pantarlih akan bekerja mulai hari ini 24 Juni sampai 25 Juli 2024. Selama sebulan kedepan, Pantarlih akan mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar calon pemilih yang memenuhi syarat memilih pada Pilkada serentak tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Hadir dalam kegiatan ini, Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Forkopimda, Pejabat di Kabupaten Kota di Sulawesi Utara dan jajaran KPU Provinsi Sulawesi Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.