Lapas Kelas IIB Tondano Lakukan Pengeledahan Blok Hunian WBP

oleh -235 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano melaksanakan Pengeledahan Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersama Anggota Polres Minahasa dan Kodim 1302 Minahasa. Jumat, (17/3/2023)

Pengeledahan ini dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 yang jatuh pada 27 April 2023 dengan tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin Pasti Berahklak Indonesia Maju”

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tondano Yulius Paath, SIP, DEA dalam konferensi pers mengatakan bawa pada hari ini, bersama TNI/Polri melaksanakan penggeledahan kembali di blok tempat hunian para warga binaan.

Penggeledahan ini dilakukan setiap dua hari sekali oleh petugas Lapas. Dan malam ini, kita bersama-sama dengan TNI/Polri melaksanakan penggeledahan kembali di blok tempat hunian para warga binaan tersebut.

” Penggeledahan ini dilakukan setiap dua hari sekali oleh petugas Lapas untuk mengantisipasi jangan sampai para warga binaan memiliki niat yang tidak baik terhadap tahanan lain. Berdasarkan perintah pimpinan, kami harus laksanakan deteksi dini sebagai upaya untuk memberantas narkoba dan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain,” ujar Yulius

Meski begitu, menurut Yulius, dari penggeledahan yang dilakukan setiap dua hari sekali, maupun pemeriksaan malam ini tidak menemukan barang-barang berbahaya milik warga binaan.

” Kalau pun ada, hanya barang-barang biasa yang digunakan para warga binaan sehari-hari, seperti korek api, alat elekronik radio dan tali serta kaca bayang. Itu semua, tetap kami sita dan dimusnahkan mengingat akan disalah gunakan oleh tahanan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Yulius, hasil sitaan malam ini tidak menemukan alat komunikasi seperti telepon genggam. Karena alat tersebut, diduga kuat menjadi alat penghubung dan memungkinkan mereka melakukan transaksi meski didalam tahanan.

” Saat penggeledahan, semua tahanan di Lapas Tondano tidak memiliki alat komunikasi dan Narkotika. Untuk itu, saya berterima kasih kepada TNI/Polri atas sinergitasnya, karena sudah bersama-sama melakukan penggeledahan terhadap warga binaan di Lapas Tondano,” ujarnya. (*/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.