Launching Kampung Moderasi Beragama, James Sumendap: Perbedaan Itu Membuat Kita Satu

oleh -1076 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH, MH menghadiri acara Launching Kampung Moderasi Beragama, bertempat di desa Ponosakan Indah, Kecamatan Belang, Sabtu 22 Juli 2023.

Bupati James Sumendap, SH, MH dalam sambutan mengatakan, pada prinsipnya Kampung Moderasi Beragama adalah bagian dari percontohan.

“Kampung Moderasi Beragama ini sudah melalui proses seleksi dengan banyak kriteria, kalau di tanya kenapa bukannya desa Tombatu atau desa yang lain. Tetapi keberagaman, harmonisasi bermasyarakat, ada disini. Bukan lain tidak ada, tetapi kriteria-kriteria kementerian Agama itu sangat ketat. Sehingga desa Ponosakan Indah jadi Role Model toleransi beragama,” ujar Sumendap.

Lebih lanjut dikatakan Sumendap yang juga sebagai Panglima Panji Yosua Sinode GMIM tersebut menuturkan, kemudian nantinya akan dijabarkan ke desa-desa dan Kelurahan lainnya.

“Desa Ponosakan Indah jadi Role Model, nanti ada all put yang didapat dan di kembang kan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Filosofi dasar dari Kampung Moderasi Bernegara ini kalau pakai  kalimat harafia di moderasikan, kerukanan dan lain sebagainya,” pungkas Sumendap.

Ditambahkan, di Kabupaten Minahasa Teng gara bicara menjadi kepala desa itu sudah final. Siapa Muslim, siapa Kristen sudah tidak lagi jadi persoalan.

“Saya contohkan, ibu Hj bekas kepala desa di desa Moreah berbicara di Itsme Center. Menjadi kepala desa yang demokratis,” tuturnya.

Dikatakan Bupati Dua Periode tersebut, ini orang-orang yang layak diberikan penghargaan. Karena mereka telah membuktikan bahwa kami boleh jadi pemimpin.

“Jadi orang-orang di Minahasa Tenggara jangan suka jadi superrial, karena itu kita saling mendoakan, saling menghargai. Karena itu mari kita saling mendoakan,” ucal Sumendap.

Diakhir sambutan Bupati membuka secara resmi Kampung Moderasi Beragama, di Desa Ponosakan Indah, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Dengan memanjatkan kehadirat Tuhan, saya membuka secara resmi. Program dari Kementerian dan juga Pemeritah Kabupaten  Minahasa Tenggara kami buka,” tutup Bupati.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.