Marcelino Sengkeh Wakili Pemkab Minut, Hadiri Undangan PBB Bahas Hak Asasi Manusia Secara Global

oleh -911 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Marcelino Sengkeh satu-satunya Aparatur Sipil Negara (ASN) mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) sebagai pembela Hak Asasi Manusia (HAM),
di Eastin Grand Hotel Sathon, Bangkok, Thailand, 27-29 Maret 2023.

Marcel menghadiri undangan dari Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia atau Office of the United Nations High Commissioner for Human Rights (OHCHR) bekerjasama dengan Kantor regional wanita PBB untuk Asia dan Pasifik serta dukungan dari Pemerintah Swedia.

Kepada media Swarakawanua.com, Marcel mengungkapkan, selama tiga hari, mereka (Para peserta) akan mempelajari tentang prosedur pembelaan HAM, langkah-langkah pelaporan dan pendokumentasian kasus serta advokasi terhadap kekerasan, Selasa 28 Maret 2023.

“Kita akan dibekali dan mempelajari bagaimana tentang kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, kekerasan terhadap Komunitas SOGIESC, kekerasan terhadap Imigran, kerusakan Lingkungan serta kekerasan terhadap Masyarakat Adat dan Budaya,” jelas Marcel.

Marcel yang kini menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Airmadidi Bawah, bangga bisa mewakili Pemkab Minut berpartisipasi dalam lokakarya bagi pembela HAM.

Katanya, OHCHR sendiri merupakan organisasi terkemuka tentang Hak Asasi Manusia di dalam PBB. Melalui kegiatan ini, mereka (OHCHR) berharap, para peserta mampu untuk mempromosikan dan melindungi HAM di seluruh dunia.

Tak hanya OHCHR, kata Marcel, United Nation Women merupakan organisasi PBB yang didedikasikan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita turut serta dalam pembelajaran pembela HAM.

“Selain penguatan kapasitas pembela HAM, disini perempuan mempelajari pengetahuan dan kapasitas untuk terlibat dengan mekanisme Hak Asasi Manusia termasuk badan perjanjian, Prosedur Khusus, dan Periodik Universal Proses Review (UPR) untuk memajukan perlindungan dan kemajuan HAM untuk semua,” tukas mantan ASN terbaik 2020.

Bagi Marcel, ini menjadi salah satu pengalaman terbaik dalam hidupnya sekaligus menjadi sebuah tantangan dalam mempromosikan dan melindungi HAM dimana saja.

“Terima kasih untuk Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung yang telah mempercayakan saya untuk keikutsertaan dalam pembelajaran pembela HAM ini,” tukas Marcel. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.