Masuk New Normal, Disparbud Mitra Gelar Pemandu Wisata Gunung

oleh -391 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Masuk new normal, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Pelatih an Pemandu Wisata Gunung (Trekking). Bertempat di Balai Pertemuan Umum desa Pangu, Kecamatan Ratahan Timur, Selasa 12 Oktober 2021.

Pelatihan Pemandu Wisata Gunung di buka langsung oleh Assiten II Frits Mokorimban, mewakili Bupati James Sumendap SH. Dal am sambutannya ia mengatakan, pemandu Wisata Gunung pada intinya menguasai geografis yang ada di Kabupaten Mitra.

“Para pemandu wisata gunung sendiri akan menjual objek wisata yang ada di Kabupaten Mitra, paling tidak para pemandu wisata gun ung menguasai juga berapa jumlah pendud uk yang ada di Kabupaten Mitra. Minimalnya para pemandu wisata gunung mampu menjawab apa yang ditanyakan para pengunjung,” ujar Mokorimban.

Iapun menambahkan, para pemandu wisata gunung harus memiliki mental yang kuat. Bukan saja hanya tahu untuk naik gunung, namun harus mengetahui keberadaan dan alam ataupun iklim yang sering terjadi di gunung tersebut.

“Ini semua saya memberikan secara umum, nantinya sebentar akan diberikan oleh pembawah materi. Maka dengan pelatihan ini akan memberikan manfaat yang luar biasa buat para pengunjung di objek wisata gunung di Kabupaten Mitra,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Disparbud Mitra Sartje Olga Taogan mengatakan, pariwisata mempunyai peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Lewat pelatihan pemandu wisata gunung dapat berguna bagi seluruh elemen masyarakat, khusus para pelaku usaha, pariwisata, sehingga dapat memberi kontribusi yang baik kepada wisatawan ketika berkunjung di Minahasa Tenggara, ” ucapnya

Taogan menambahkan, terutama bagi generasi muda di sekitar lokasi kawasan wisata Minahasa Tenggara untuk menjaga dan melestarikan tempat-tempat termasuk menjaga kebersihan dari sampah.

Denny Engka Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Sulawesi Utara mengajak peserta memahami setiap materi guna meningkatan kinerja dan kesejahteraan para pemandu gunung.

” Semoga seluruh peserta mengikuti kegiatan ini sampai selesai dengan baik dan diharapkan setiap peserta bisa menjadi pemandu gunung profesional khususnya di kawasan wisata Minahasa Tenggara,” tutupnya.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.