MELALUI PROGRAM PIM, POLIMDO GELAR SOSIALISASI PENERAPAN SAK EMKM PADA RM IKAN BAKAR RAJA LAUT BERBASIS APLIKASI UKM ANDROID

oleh -345 Dilihat

MANADO,Swarakawanua.com-Politeknik Negeri Manado Jurusan Akuntansi melaksanakan Program Penerapan IPTEK pada Masyarakat (PIM), yakni Penerapan SAK EMKM pada rumah makan ikan bakar Raja Laut. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, (25/08/2023) yang berlokasi di jalan Boulevard II, Sindulang 1, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

Tujuan kegiatan dilaksanakan untuk mendukung Pelaporan Keuangan Berbasis Android sekaligus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dari pemilik dan karyawan UMKM rumah makan dalam pelaporan keuangannya, sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap stakeholders, yakni masyarakat dan pemerintah.

Adapun materi-materi pelatihan, yaitu :
1. Sosialisasi terkait SAK EMKM sebagai standar akuntansi keuangan yang lebih sederhana dalam hal mengatur transaksi yang umum dilakukan oleh UMKM dengan biaya historis sebagai dasar pengukurannya. SAK EMKM ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut meliputi laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan catatan atas laporan keuangan. Selain itu juga dilakukan pengenalan atas akun-akun yang digunakan dalam laporan keuangan sesuai lingkup usaha jasa konstruksi
2. Sosialisasi aplikasi akuntansi UKM. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui play store pada handphone android.
3. Pelatihan penggunaan aplikasi akuntansi UKM menggunakan handphone android mulai dari penginstalan aplikasi, pembentukan data perusahaan, akun-akun yang akan digunakan dalam mencatat transaksi yang terjadi, penginputan data transaksi, proses menghasilkan laporan keuangan dan SPT.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen-dosen yang menjadi tim pelaksana kegiatan sekaligus narasumber, yaitu : Fanesa Isalia Minanda Syaefudin, M.Acc, Wenny Anggeresia Ginting, S.E.,M.Si, Andreas Randy Wangarry, S.E.,MSA, Belthasar Trito Siahaan, M.Si, Dr. Hedy Rumambi, SE., MM., Ak.,CSRS.,CA, Dr. Rolina E. Manggopa, M.Pd, Dra. Revleen Kaparang, MPd, Sicilia S. Panelewen, S.E., MM, Lidya A. Maramis, S.E., Ak., MSA, Raymond Festus Rombot, S.E., M.Si, Arifmanuel Kolondam, S.E., MM.

Selain itu kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa semester lima yakni Juan Hulio Eltberph Senduk, Rexy Pieter Ganap, Fillia Jechika Wowor, Lisa Williyono.

Pemilik usaha dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini mereka belum mengetahui adanya SAK EMKM dan aplikasi akuntansi yang dapat membantu UMKM dalam menyusun laporan keuangan.

“Kegiatan Politeknik ini sangat di apresiasi, karena selain membagi ilmu untuk pengelolaan keuangan UMKM, juga memotivasi mereka dalam menyusun pelaporan keuangan berbasis android sesuai SAK EMKM,” kata Pemilik usaha. (***/FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.