Menjadi Komitmen Ciptakan Pemerintahan Yang Bersih, JGKWL Seriusi Temuan BPK RI

oleh -347 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Keseriusan Bupati dan wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda, SE (JG) dan Kevin William Lotulung, SH.,MH (KWL) untuk membangun Minut terlihat jelas.

Salah satu yang dilakukan oleh JGKWL yakni memimpin langsung pengawasan dalam rangka pemantauan dan pemuktahiran data, tindak lanjut dari temuan BPK RI dan APIP di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, yang digelar di hotel Sutan Raja, Kalawat, Minut, jumat (30/04/21).

Dikatakan, Langkah ini ditempuh untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan ini merupakan komitmen kami.

“Kegiatan yang kita selenggarakan ini, dalam rangka kita mau mengaktifkan dan ingin menuntaskan proses pemeriksaan yang sudah dilakukan baik eksternal maupun internal. Dimana masing masing OPD harus memberikan pertanggungjawaban dan mengklarifikasi setiap temuan yang diberikan BPK,” tegas Bupati JG yang didampingi Wabup KWL.

Pemimpin milenial ini menegaskan, sejumlah temuan BPK dari tahun 2004 hingga 2020 silam, dirinya dan Wabup memberikan catatan temuan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ada beberapa catatan, bahwa setiap ASN agar selalu mematuhi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, termasuk temuan yang dilakukan oleh BPK dan APIP, itu wajib dilaksanakan. Apabila tidak, maka yang bersangkutan tidak bisa terima TKD, kemudian dia tidak dapat promosi jabatan,” warning JG.

Ia pun menyampaikan, hasil temuan BPK yang tak pernah dituntaskan atau diselesaikan oleh oknum-oknum dilingkup pemerintahan maupun non ASN (Pihak Kedua) telah dilimpahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH).

“TGR dari tahun 2004 hingga 2020 sudah kami serahkan kepada Kejaksaan untuk segera di proses dan itu harus segera dikembalikan,” tukas JG.

Pada kegiatan ini BPK RI dan Kejaksaan Negeri Airmadidi diundang sebagai narasumber.

Turut hadir, Sekda Jimmy Kuhu, para asisten, Tenaga Ahli Bupati (TAB), seluruh OPD di lingkup pemkab Minut.

(MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.