Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Menuju Desa Mandiri, Desa Tombatu Tiga Jadi Pertama Di Mitra Menyandang Desa Digital

Menuju Desa Mandiri, Desa Tombatu Tiga Jadi Pertama Di Mitra Menyandang Desa Digital

MITRA, Swarakawanua.com– Desa Tombatu Tiga, Kecamatan Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi desa  pertama di Kabupaten Mitra menyandang Desa Digital. Dimana, Jumat 18 Juni 2021, bertempat di kantor Desa Tombatu Tiga melaunching Sistem Informasi Desa (SID) yang di hadiri langsung oleh Wakil Bupati Drs Jocke Legi.

Dalam sambutan Wabup mengatakan, di zaman sekarang ini perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat menuntut para penyelenggara pemerintahan untuk melakukan berbagai penyesuaian dalam mengantisipasi perubahan zaman, revolusi industri 4.0 dan perkembangan teknologi informasi menuntut pelayanan yang lebih baik.

“Pemerintah Kabupaten Mitra memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Desa Tombatu Tiga, pertama kali membuat Sistem Informasi Desa (SID). Aplikasi ini sangat membantu kinerja pemerintah desa maupun pemerintah Kabupaten agar dapat lebih efisien dalam pengelola administrasi dan data desa,” ujar Wabup yang didampingi Wakil Ketua TP-PKK Ny. Pdt Erny Legi Rondonuwu,Sth.

Iapun menyampaikan, Sistem informasi Desa ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan desa digital, dimana teknologi dimanfaatkan untuk melayani masyarakat.

“Sistem Informasi Desa sangat membantu proses jalannya administrasi bukan saja hanya di Desa itu sendiri melainkan, membantu proses administrasi di setiap SKPD yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup menuturkan, setelah di launching, maka Desa Tombatu menjadi pilot project Sistem Informasi Desa di Kabupaten Mitra dan setiap tahun SID akan membawa dampak besar bagi masyarakat Minahasa Tenggara pada umumnya.

“Saya harapkan seluruh Camat, Hukum Tua maupun dapat bersinergi secara digital melalui Sistem Informasi Desa dan Kelurahan dalam menjadikan seluruh daerah di Kabupaten Mitra memiliki SDM unggul, Mitra Melaju 21,” tuturnya.

Untuk itu kedepan jajaran Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk meningkatkan kualitas kerja, terus berinovasi, manfaatkan secara bijak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan tatakelola pemerintah yang baik.

Sementara itu Hukum Tua Desa Tombatu Tiga Robert Hendra Manopo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap Yang diwakili oleh wakil bupati Jocke Legi yang sudah menjadikan desa Tombatu Tiga menjadi pilot Projeck Sistim Informasi Desa di Kabuapaten Minahasa Tenggara.

“Terima kasih kepada seluruh perangkat desa,BPD serta seluruh yang terlibat langsung dalam kegiatan ini, Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita semua,” Tutup Manopo.

Acara tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Minahasa Tenggara Drs.Jocke Jesaya Oskar Legi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Tenggara Pdt Erny Legi Rondonuwu,Sth, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Budi Raranta, kepala Dinas PMD Arnold Mokosolang,Kadis Capil Piether Owu,ME, Kadis Sosial Franky Wowor,S,sos, Camat Tombatu Utara Sandra Kindangen,Hukum Tua Tombatu Tiga Robert Manopo, para pegawai kantor camat Tombatu Utara,Perangkat serta DPD Desa Tombatu Tiga.(CIA)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *