Napi ‘Over Crowded’ Dipindahkan, Petugas Nakal Dipecat

oleh -443 Dilihat
Kadiv

 

Kadiv
Kadiv Pemasyarakatan  Kemenkumham Sulut

SULUT, Swarakawanua.com – Mengantisipasi terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan kebakaran di Rutan Bengkulu dan Lapas Kelas II A Binjai beberapa waktu lalu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) menyikapi dan menindak lanjuti agar tidak terjadi di Sulut.

Penegasan ini dipaparkan Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba SH, MSi Rabu (11/5) saat dikonfirmasi wartawan Swarakawanua.com di kantornya.

“Kita bersyukur Narapidana (Napi) Narkoba di Sulut hingga saai ini masih terkecil yakni 104 orang.Namun untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, KemenkumHam Sulut akan melakukan pemindahan Napi bagi lapas-lapas yang sesak (over crowded, red) ditampung di Lapas Tuminting.Karena petugas disana terbilang memadai sekira 105-110 petugas dan pengawasannya ketat, dimana setiap pemeriksaan telah dibantu anjing-anjing khusus dari Polda mengantisipasi masuknya peredaran narkoba,” Jelasnya.

Tambah Dia, jika ditemukan petugas yang melanggar aturan yakni melancarkan jalur peredaran narkoba di Lapas, maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku dimana sangsi tegasnya adalah pemecatan.

“Ini merupakan pernyataan Menteri Kemenkumham RI yang harus dilaksanakan,” tandasnya.

Ditanya terkait antisipasi pengamanan, Dia membeberkan pihaknya sudah memberikan petunjuk teknis agar peredaran narkoba di Lapas tidak terjadi.

“Kami telah menginstruksi seperti penertiban komunikasi mengantisipasi masuknya HP di dalam Lapas.Untuk itu kami akan membuat wartel khusus di dalam Lapas.Ini demi meningkatkan fungsi penggeledahan dan pengawasan,” tukasnya.

Dikatakan Ayorbaba, dalam waktu dekat ini akan dilakukan penertiban tahap dua yang diperkirakan dilaksanakan bulan depan (Juni, red).

“Karena hal tersebut merupakan tantangan integritas dari Kemenkumham Sulut dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran Lapas yang akhir-akhir ini marak terjadi,” kuncinya.(Egen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.