Novli Wowiling : Kedepan Kejuaraan Catur Akan Di Mulai Dari Desa

oleh -130 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Utara, Umbase Manyuntu membuka kejuaraan  catur Bupati dan Wakil Bupati Cup 2023, di pusat jajanan kuliner, Zero Point, Senin 11 Desember 2023.

Kejuaraan tersebut terbagi dalam tiga kategori yakni, SD, SMP dan Umum.

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Umbase mengapresiasi Percasi Minut. Kata dia, Percasi Minut memiliki tekad serta program yang luar biasa untuk memajukan catur di Minahasa Utara (Minut).

Tak hanya Percasi Minut, Umbase menilai Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) selalu mensupport setiap bidang olahraga.

“Sebagai bentuk support Bupati dan Wakil Bupati, catur kini sudah masuk dalam APBD,” ujarnya.

Menurutnya, dibawah kepemimpinan JG KWL, dunia olahraga semakin maju. Berbeda dengan yang dulu dulu.

“Bukti nyata kepemimpinan JG-KWL dalam mensupport atlet-atlet yang ada di Minut kini sudah memiliki anggaran dalam APBD. Intinya semua yang berprestasi pasti di fasilitasi oleh Pemkab Minut,” ungkap Umbase.

Katanya, dalam olahraga catur banyak orang orang cerdas, karena permainannya penuh dengan strategi.

“Semoga melalui percasi ini, dapat mengharumkan nama Kabupaten Minut di tingkat Provinsi maupun Nasional,” tukas Umbase.

Ditempat yang sama Ketua Percasi Minut Novli Wowiling mengatakan, hari ini kita melaksanakan dua agenda, yang pertama kejuaraan memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Cup dan Pelantikan pengurus Percasi Minut.

“Kegiatan ini dilakukan selain bertujuan mencari bibit bibit unggul, ini akan menjadi pemicu bagi pemula, untuk lebih giat lagi mendalami dunia catur,” harapnya.

Dikatakan Wowiling, seperti yang kita ketahui, banyak pecatur asal Minut yang berprestasi. Satu diantarannya Maria Angkouw.

Saya berharap catur ini, bisa merakyat, dan kenapa kami memilih tempat ini, karena tempat ini banyak didatangi pengunjung. Kedepan kita akan berupaya agar lomba ini akan dilaksanakan tingkat Kabupaten bahkan Kecamatan hingga desa-desa,” tutur Sekretaris Daerah Pemkab Minut.

Ia berharap, kedepan ada Maria Angkouw selanjutnya yang kini tengah masuk dalam 10 daftar pemain catur terbaik se Indonesia.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kasie Datun Frits Gerald Kayukatui, SH, MH , Kadis Pemuda dan Olahraga Audy Sambul, Palaksa Lanudal Manado Lettu Joko P.W, para master catur, pengurus Percasi Minut.

Penulis: Mario Sumilat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.