Pansus DPRD Sulut Minta Pasal Pelayanan Dimasukan Dalam Draf Ranoerda Pajak dan Retribusi Daerah

oleh -251 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulut meminta agar pasal pelayanan dimasukan dalam draf rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah Sulut.

Hal itu disampaikan dalam rapat pembahasan Pansus bersama mitra kerja terkait, Senin (23/10/2023) di ruang serbaguna Kantor DPRD Sulut.

Ketua Pansus, Sandra Rondonuwu menjelaskan, pendapatan asli daerah (PAD) menjadi target dari pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Namun dari sisi lain harus dilihat bidang-bidang atau apa saja yang jadi target PAD. Oleh karena itu, kata Saron sapaan akrabnya, kalau kemudian menetapkan target untuk PAD berarti harus ada persiapan yang sangat matang.

“Terutama soal pelayanan. Karena bicara pelayanan itu adalah hal penting dan urgen. Semua orang ingin dilayani dengan baik. Sehingga ini harus jadi perhatian,” ujarnya.

Untuk itulah pihaknya meminta Biro Hukum serta SKPD terkait dengan pajak dan retribusi daerah untuk memasukan pasal pelayanan di draf yang sudah diberikan ke pansus.

“Artinya, pelayanan ini penting. Orang bisa datang di rumah sakit kalau pelayanan baik. Kami sebagai anggota dewan secara khusus yang ditugaskan di pansus, serius ingin melihat Sulut dengan apa yang diharapkan masyarakat, bisa terwujud dalam bidang kesehatan,” terangnya.

Sama halnya disampaikan anggota Pansus, Jems Tuuk. Menurutnya, Dirut RS tak usah dibebankan berapa target jumlah pendapatan. Akan tetapi dibebankan soal pelayanan untuk publik.

“Itu (pelayanan) harus dicantumkan dalam perda ini. Pelayanan itu juga termasuk di dalamnya alat atau fasilitas, pelatihan dokter, penghasilan petugas kesehatan harus dinaikan. Sebab, kalau pendapatan petugas kesehatan baik, tentu performnya juga akan baik. Dan itu akan jadi karakter bahwa RS daerah baik dan dianggap bagus pelayanannya,” jelas Tuuk.

Dirinya mencontohkan kalau pelayanan saja tak baik, orang pasti malas ke datang ke RS. Sebaliknya, kalau pelayanan bagus, pendapatan pasti akan datang.

“Itulah mengapa banyak orang yang memilih ke RS Penang dari pada RS di Sulut misalnya. Karena soal pelayanan itu. Kalau profesional diangkat, maka pendapatan akan baik. Tak usah kejar target berapa, tapi benahi pelayanan. Maka profit itu akan melebihi,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.